News

Vaksin Terbaik yang Saat Ini Tersedia

fin.co.id - 01/09/2021, 21:18 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

/p>

JAKARTA - Program vaksinasi di Indonesia terus dikebut. Setiap jenis vaksin memiliki karakter masing-masing. Seperti jumlah dosis dan interval penyuntikan. Vaksin COVID-19 terbaik adalah yang saat ini tersedia di Indonesia.

/p>

"Masyarakat nggak perlu milih-milih jenis vaksin. Apapun vaksinnya semua aman. Karena mutu, kualitas serta efektivitasnya sudah melalui uji klinis," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu (1/9).

/p>

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan emergency use authorization (EUA) terhadap tujuh jenis vaksin COVID-19 di Indonesia sejak Januari 2021 hingga saat ini.

/p>

Vaksin yang sudah mendapat EUA dari BPOM adalah Sinovac, vaksin COVID-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Sputnik V.

/p>

Nadia menjelaskan dalam proses pembuatannya, vaksin memiliki perbedaan platform. Seperti inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein. Namun semuanya sudah dipastikan keamanannya dan efektivitasnya. "Tujuannya adalah melindungi penerima dari kondisi kesakitan bahkan kematian akibat COVID-19," paparnya.

/p>

Sejak Agustus 2021, lanjut Nadia, laju suntikan di Indonesia meningkat hingga 1 juta per hari. Bahkan pernah mencapai angka 1,7 juta dosis penyuntikan per hari.

/p>

"Ini akan diteruskan untuk meningkatkan laju vaksinasi pada bulan September. Sebab sejalan dengan bertambahnya jumlah vaksin. Kita akan distribusikan rata-rata delapan sampai 15 juta dosis ke daerah. Sampai saat ini, total 144 juta dosis vaksin telah didistribusikan kepada pemerintah daerah," pungkasnya.(rh/fin)

/p>

Admin
Penulis
-->