17, October, 2021

PUPR: Tol Serpong-Balaraja Ditarget Rampung Akhir 2021

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jalan Tol Serpong-Balaraja mulai dapat beroperasi pada akhir 2021. Jalan Tol ini menghubungkan kawasan Jakarta, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Jalan Tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja saat ini tengah melakukan penyelesaian Seksi 1A sepanjang 5,15 km.

Itu terdiri dari 3 paket pekerjaan, terbagi menjadi Paket 1 sepanjang 2,3 km yang masih dalam tahap pembebasan lahan. Kemudian Paket 2 (0,95 km) dengan progres mencapai 54,1 persen, dan Paket 3 (1,9 km) progres mencapai 25,18 persen.

“Seluruhnya ditargetkan konstruksinya akan rampung pada akhir 2021,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Jumat (27/8/2021).

Menurut Danang, Tol Serang-Balaraja nantinya akan memberikan peran penting dalam peningkatan akses konektivitas dan peningkatan perekonomian di Banten, Jakarta, dan sekitarnya.

“Selain meningkatkan konektivitas menuju wilayah Jakarta, Merak hingga Lampung, jalan tol ini juga nantinya akan terhubung langsung dengan akses masuk ke Tol Tangerang-Merak yang terkoneksi dengan Balaraja,” ujarnya.

Danang menyatakan, pembangunan jalan Tol Serbaraja ini sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor.

Selain itu, keistimewaan Jalan Tol Serpong – Balaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah ruas tol lainnya, yakni Jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

“Sehingga nantinya akan semakin mempersingkat waktu tempuh dari Serpong BSD menuju Jakarta dan Merak, yang diharapkan semakin mengembangkan layanan logistik sekitar wilayah kawasan Tangerang, Serang, Cilegon, Banten,” pungkasnya. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer