17, October, 2021

Rusia Siap Pasok Senjata ke Negara-negara Perbatasan Afghanistan

JAKARTA – Rusia memutuskan untuk membantu memasok senjata dan kendaraan militer kepada negara sekutu anggota blok keamanan CSTO yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Afghanistan. Bahkan, Rusia memberikan harga khusus yang murah.

Kantor berita RIA Novosti melaporkan, bahwa langkah ini sebagai upaya Rusia mengantisipasi masuknya kelompok militan ke negara-negara Asia Tengah setelah Taliban menguasai Afghanistan.

“Rusia menyerukan tindakan bersama dari para sekutunya di Asia Tengah untuk mencegah potensi ancaman keamanan dari Afghanistan,” demikian laporan Kantor berita RIA Novosti, dikutip Selasa (24/8/2021).

Selain akan membantu memasok senjata, blok keamanan CSTO yang dipimpin Rusia juga akan menggelar latihan perang melibatkan pasukan reaksi cepat di Kirgistan pada 1-9 September.

“Rusia tak setuju pengungsi Afghanistan masuk negara-negara tetangganya dengan alasan mereka bisa saja militan yang menyamar,” kata Presiden Vladimir Putin kepada kantor berita TASS.

Putin Juga mengkritik gagasan beberapa negara Barat untuk merelokasi pengungsi Afghanistan ke negara-negara Asia Tengah, menunggu proses visa ke Amerika Serikat dan Eropa.

“Apakah itu berarti bahwa mereka bisa dikirim tanpa visa ke negara-negara itu, tetangga kita, sementara mereka (Barat) tidak ingin membawa tanpa visa?” kata Putin

“Kami tidak ingin militan muncul di sini di bawah perlindungan pengungsi,” sambungnya. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer