17, October, 2021

Diogo Jota dan Saido Mane Bantu Liverpool Libas Burnley 2-0

JAKARTA – Liverpool menang 2-0 atas Burnley dalam pekan kedua Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (21/8). Diogo Jota dan Saido Mane menjadi pencetak gol kemenangan The Reds.

Jota mencetak gol di babak pertama sebelum Mane menyusulnya di paruh kedua demi membantu Liverpool menjaga catatan sempurna dua kemenangan dari dua laga pertama musim ini.

Liverpool sementara naik ke puncak klasemen dengan raihan enam poin penuh, sedangkan Burnley yang masih nirpoin ada di urutan ke-17.

Bermain di Anfield yang penuh dengan penonton, Liverpool bermain sabar dan malah terancam lebih dulu pada menit keempat saat Trent Alexander-Arnold dipaksa menghalau bola di garis gawang atas tembakan Dwight McNeil.

Setelah mulai menemukan ritme permainan serangan cepatnya, Liverpool membuka keunggulan melalui gol Jota pada menit ke-18. Berawal dari aksi Kostas Tsimikas, bek kiri itu melepaskan umpan silang akurat yang ditemui sundulan sederhana Jota untuk memperdaya kiper Nick Pope.

Tim tamu nyaris segera mencetak gol balasan dua menit kemudian, saat McNeil menyambar umpan sodoran Ashley Barnes dengan tembakan keras yang sayangnya masih bisa dimentahkan oleh kiper Alisson Becker.

Pada menit ke-27, Mohamed Salah melakukan selebrasi di hadapan The Kop seusai menjebol gawang Burnley dengan sepakan apik. Sayang selebrasi itu kemudian buyar karena VAR menyatakan Salah sudah terjebak offside saat Harvey Elliott mengirim umpannya.

Di ujung lapangan berbeda, Alisson gagal mengantisipasi bola tendangan bebas Matthew Lowton memberi kesempatan Tarkowski menanduknya, sayang sundulannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum dan Burnley membuka babak kedua dengan keberhasilan Barnes menyarangkan bola ke gawang tuan rumah, sayang gol itu dianulir dan tayangan ulang memperlihatkan ia memang sudah terjebak offside.

Setelah saling serang, Liverpool akhirnya menggandakan keunggulan mereka melalui gol Mane pada menit ke-69 yang kreasinya dimulai dari Virgil van Dijk.

Van Dijk mengirim umpan jauh yang berusaha dikendalikan Harvey Elliott, diteruskan ke Alexander-Arnold yang kemudian menyonteknya jadi umpan terobosan matang diselesaikan Mane.

Skor 2-0 tak berubah hingga bubaran memastikan Liverpool melanjutkan tren nirkalah mereka sejak musim lalu jadi 12 pertandingan beruntun dan enam kemenangan berturut-turut. (PA/FIN)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer