18, September, 2021

Energy Watch Apresiasi PLN Jaga Kinerja Positif di Tengah Pandemi

 

JAKARTA – Energy Watch mengapresiasi PT. PLN (Persero) yang tetap bisa menjaga kinerja positif ditengah situasi pandemi Covid-19. Tercatat laporan keuangan perusahaan setrum itu berhasil meraih keuntungan pada Semester I-2021.

“Ditengah kondisi pandemik covid-19 yang belum selesai dan pertumbuhan listrik yang belum tinggi, PLN mampu melakukan optimalisasi sehingga semester I-2021 bisa meraih hasil yang positif,” ujar Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan di Jakarta, Jumat(30/7)

Lebih lanjut Mamit menyatakan, untuk tetap menjaga kinerja positif sampai akhir tahun 2021, PLN harus bisa melakukan efisiensi dan juga menjaga arus modal sehingga tetap berhasil baik di tahun 2021 ini. PLN juga harus bisa membuat skala prioritas untuk setiap pekerjaan yang dilakukan sehingga keuangan mereka benar-benar fokus kepada urgensi pekerjaan.

Mamit menambahkan, jika memang memungkinkan bisa dilakukan re-negoisasi dengan Independent Power Producer (IPP) untuk mencari win-win solution ditengah belum tumbuhnya konsumsi listrik nasional.

“PLN juga saya kira harus terus melakukan sosialisasi dan juga promo terkait dengan kebijakan yang mengajak masyarakat untuk menggunakan kompor listrik serta promo untuk meningkatkan daya listriknya,” tuturnya.

Sebagai informasi, sepanjang semester I-2021, penjualan listrik PLN mengalami kenaikan dibandingan periode yang sama tahun 2020, yakni sebesar 3.7 persen.

“Ditengah kondisi saat ini, kehandalan PLN dalam memberikan layanan kepada masyarakat dinilai Mamit sudah sangat tepat dan cepat mengingat saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Sebelumnya, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengumumkan berhasil membukukan laba bersih senilai Rp6,6 triliun di sepanjang semester I-2021. Dalam laporan keuangan konsolidasi PLN semester I-2021 (unaudited) yang diterbitkan pada 28 Juli 2021, disebutkan pencapaian laba perusahaan ditopang kenaikan penjualan tenaga listrik, serta efisiensi berkelanjutan melalui sejumlah program transformasi.

“Di tengah dampak pandemi Covid-19 yang belum membaik dan adanya pembatasan kegiatan masyarakat, PLN mampu mencetak peningkatan penjualan tenaga listrik Rp 140,5 triliun pada paruh pertama 2021,” ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, Rabu (28/7). (git/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer