News

Indonesia Peringkat Satu Dunia, Sayangnya Pemerintah Gagap Merespon

fin.co.id - 29/07/2021, 10:54 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Kasus kematian harian karena Covid-19 pada Rabu (28/7) tercatat 2.069 orang. Indonesia menjadi negara nomor satu di dunia untuk kasus pasien meninggal akibat Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta pemerintah agar memantau pasien isoman untuk menekan angka kematian. Alasannya, pasien bergejala ringan dan sedang diminta melakukan isoman karena faskes dan rumah sakit tidak mampu menampung.

"Implikasinya, pemerintah harus memantau pasien isoman dengan cermat, termasuk menyediakan konsultasi dokter, obat-obatan dan asupan bergizi. Kurangnya pantauan dan dampingan membuat jumlah kematian pasien isoman meningkat,” ujar Netty dalam keterangan media, Rabu (28/7).

Netty menyesalkan penanganan pandemi dari aspek kesehatan yang masih kedodoran. Termasuk angka testing dan tracing yang terus menurun. Sementara postivity rate lebih tinggi dari standar WHO. Kasus baru bertambah 45.203. Dan hingga 18 Juli 2021, tercatat 180 daerah berstatus zona merah.

Dari aspek ekonomi, kata Netty, pemerintah belum efektif melakukan upaya pemulihan, antara lain ditandai dengan adanya 19,10 juta orang usia kerja atau 9,30 persen yang terdampak Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi masih melambat, jumlah pengangguran dan masyarakat miskin akibat terdampak pandemi meningkat. Sayangnya pemerintah gagap merespon kondisi ini sehingga bansos dengan jumlah kecil pun terlambat dicairkan,” jelasnya. (khf/fin)

Admin
Penulis
-->