18, September, 2021

Wakil Rakyat Bisa Isoman di Rumah

JAKARTA – Anggota DPR RI tidak sepantasnya memperoleh fasilitas Isolasi mandiri (Isoman) di hotel berbintang. Gratis alias dibiayai negara pula. Anggota DPR bisa melakukan isoman di rumah jika terpapar COVID-19 daripada harus ke hotel.

“Kalau tidak betul-betul darurat, bisa isoman di rumah saja,” kata Pengamat Politik Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti di Jakarta, Rabu (28/7).

Dia mengatakan ada tiga alasan mengapa fasilitas isoman di hotel bintang tiga bagi anggota DPR, staf, Aparatur Sipil Negara (ASN) Setjen yang terpapar COVID-19 tanpa gejala tidak tepat.

Pertama, penyediaan isolasi di hotel bagi anggota DPR kurang mencerminkan pengamalan semangat nilai-nilai Pancasila yang selama ini didengungkan. Terutama konteks keadilan.

Sebagai pejabat negara dan wakil rakyat, semestinya anggota DPR tidak mendapat perlakuan berbeda dengan masyarakat di tengah situasi saat ini. “Jadi kalau masyarakat umum mau isoman, metreka biaya sendiri, ditanggung sendiri, cari rumah sendiri,” jelasnya.

Yang kedua, kurang tepat pula jika alasan isoman di rumah dinas mengganggu atau dikhawatirkan menularkan kepada tetangga. Menurutnya alasan ini tidak bisa diterima.

Ketiga, Ray mempertanyakan alasan teknis mengenai isoman di hotel bagi anggota DPR. Dia juga mempertanyakan pengalihan dana dari anggaran DPR.

“Yang paling penting bukan menyediakan fasilitas isolasi di hotel. Tetapi bagaimana menjamin kebutuhan menjalani isoman itu sendiri. Ketersediaan oksigen jika terjadi apa-apa, ada obat yang cukup. Itu yang paling penting,” paparnya.

Dia menyarankan anggota DPR harus lebih memperlihatkan solidaritas kepada masyarakat di tengah situasi saat ini. Khususnya ketika berbicara mengenai pelaksanaan isoman yang dilakukan masyarakat dan kerap menemui kendala.

Seperti diketahui, fasilitas itu disampaikan Sekjen DPR RI Indra Iskandar. Dia memastikan fasilitas hotel isoman bukan program yang dianggarkan DPR. Anggaran bersumber dari dana perjalanan luar negeri yang tidak terpakai dan bersifat kontingensi. Selain untuk anggota DPR, ditujukan bagi tenaga ahli hingga staf yang terpapar COVID-19. Fasilitas itu disediakan bagi mereka yang terpapar dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Hotel yang sudah teken MoU adalah Hotel Ibis Grogol dan Hotel Oasis di kawasan Pasar Senen Atrium, Jakarta.(rh/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer