spot_img
29, September, 2021

Kabar Baik, Saudi Izinkan Umrah Tahun Ini

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini mengizinkan untuk menggelar ibadah umrah untuk calon jemaah internasional, termasuk dari Indonesia dengan sederet persyaratan yang harus dipatuhi.

“Semua jemaah internasional yang ingin menunaikan ibadah umrah harus sudah mendapatkan dua dosis vaksin dengan suntikan Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson & Johnson,” tulis keterangan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Rabu (28/7/2021).

Selain itu, calon jemaah juga harus berusia 18 tahun ke atas dan menunjukkan bukti tesPCR negatif Covid-19 setibanya di Saudi.

“Jemaah juga harus mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di Saudi,” ujarnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono mengatakan, bahwa WNI yang ingin menjalankan ibadah umroh juga harus menaati sejumlah aturan lainnya, termasuk dari Badan Otoritas Penerbangan Sipil Saudi (GACA) yang berlaku sejak Mei lalu.

Berdasarkan aturan itu, sembilan negara tak diperkenankan mengirimkan penerbangan langsung ke Arab Saudi. Kesembilan negara tersebut adalah Indonesia, India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan Libanon.

“Warga dari kesembilan daerah tersebut harus transit di negara ketiga sebelum ke Saudi. Mereka diwajibkan karantina terlebih dulu di negara ketiga tersebut sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah suci,” pungkasnya. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer