18, September, 2021

Asesmen Nasional Terancam Ditunda, Loh Kenapa?

JAKARTA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Kabalitbangbuk) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo menyatakan, bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menunda penerapan Asesmen Nasional (AN) atau menggelar hanya di beberapa daerah saja.

Opsi ini diambil, mengingat kondisi pandemi covid-19 terkini dengan kebijakan yang dinamis. Salah satunya mempertimbangkan kebijakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah.

“Opsi-opsi itu sedang kita buka dan kita pertimbangkan sekali,” kata Anindito, Rabu (28/7/2021).

Anindito mengatakan, bahwa keputusan yang akan diambil oleh pihaknya nanti, murni berlandaskan keamanan dan keselamatan peserta didik dan seluruh warga sekolah.

“Skemanya kami sedang susun, agar adaptif dan sesuai kondisi pandemi tiap daerah,” ujarnya.

Menurut Anindito, PPKM merupakan situasi dengan keadaan memaksa atau force majeure. Untuk itu harus ada penyesuaian kembali saat menggelar AN.

“Ini tantangan luar biasa dan kalau nanti ada Asesmen Nasional ternyata ada PPKM lagi itu force majeure, tentunya kita akan menyesuaikan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Asesmen Nasional rencananya akan digelar pada September 2021 sebagai pengganti Ujian Nasional yang telah dihapus tahun lalu. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer