17, October, 2021

Penyerapan KUR Pertanian Tembus 40 Persen

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor Pertanian di sepanjang Tahun 2021 mencapai angka 40 persen.

“Pertanian merupakan salah satu komoditi yang terus berkembang cukup baik dengan serapan KUR di tahun 2021 sekitar 40 persen lebih,” kata Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, dalam konferensi Virtual, Senin (26/7/2021).

Syahrul mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mendorong penyerapan KUR sektor pertanian, dengan menyesuaikan musim tanam kedua pada bulan Agustus mendatang.

“Kesiapannya dilakukan melalui koperasi yang diintegrasikan dari hulu sampai hilir pasca panen dan industrinya, hingga marketplacenya,” ujarnya.

Agar penyaluran KUR Pertanian berjalan dengan efektif dan maksimal, Syahrul mengaku tengah berkoordinasi dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, juga dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

“Saya sudah menyampaikan kepada menteri KUMK dan Menteri BUMN supaya sama sama kita lakukan konsolidasi untuk mengefektifkan KUR dari hulu ke hilir,” pungkasnya. (der/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer