17, September, 2021

Demokrat Sepakat PPKM Diperpanjang, Syarief: Pemerintah Mendengarkan Aspirasi Warganya

JAKARTA – Wakil Ketua MPR dari fraksi Demokrat Syarief Hasan mengapresiasi dan mendukung langkah pemerintah dalam memperpanjang pelaksanaan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Syarief menegaskan, sedari awal, Partai Demokrat telah berulang kali menyampaikan kepada pemerintah bahwa PKPM Darurat sebaiknya diperpanjang dan memprioritaskan sektor kesehatan.

Bahkan perlunya realokasi anggaran infrastruktur untuk penanganan pandemi, termasuk untuk insentif nakes, pelaksanaan vaksinasi, maupun bantuan sosial bagi warga dan UMKM. Langkah perpanjangan PPKM adalah solusi terbaik menyikapi angka infeksi Covid-19 yang tidak kunjung menurun signifikan.

Ia melanjutkan, kesehatan dan keselamatan rakyat adalah yang utama. “Jika rakyat sakit, ekonomi juga akan ikut sakit, serta secara luas akan membuat negara dalam keadaan yang tidak aman,” katanya, Senin (26/7).

Menurutnya, langkah perpanjangan PPKM ini telah menunjukkan pemerintah masih mendengarkan suara rakyat, meski seharusnya dilakukan sejak awal pandemi. “Bagi Partai Demokrat, kebijakan yang memprioritaskan sektor kesehatan patut didukung, dan hal ini adalah sikap Partai Demokrat sedari awal Indonesia dihantam pandemi,” ujar Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.

Politisi Senior Partai Demokrat ini juga menilai manajemen penanganan pandemi yang dirasa belum optimal, baik dari sisi pelaksanaan vaksinasi maupun penyaluran bantuan sosial.

Per 25 Juli 2021, jumlah warga yang tervaksin tahap 1 baru sekitar 44,46 juta jiwa, sementara yang telah selesai vaksin ke-2 adalah 17,9 juta jiwa. Ini berarti, jika warga tervaksin di tahap 1 dan 2 digabung, baru 29,95 persen warga yang tervaksin dari target 208,26 juta masyarakat Indonesia.

“Hal yang patut kita syukuri dari perpanjangan PPKM level 4 ini adalah pemerintah masih mendengarkan aspirasi dari warganya khususnya yang disuarakan oleh Partai Demokrat bahwa pandemi ini adalah derita dan kerugian kita bersama. Untuk itu selama kebijakan pemerintah berpihak kepada rakyat, Demokrat akan mengapresiasi dan mendukung langkah pemerintah tersebut,” tutup Syarief. (khf/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer