107 Jaksa Disanksi, Jaksa Agung Beberkan Capaiannya

HomeHukum dan Kriminal107 Jaksa Disanksi, Jaksa Agung Beberkan Capaiannya

JAKARTA – Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin membeberkan capaian pihaknya selama 2021. Ribuan kasus telah diselesaikan, termasuk memberhentikan 6 orang jaksa nakal.

Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin saat upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 Tahun 2021 secara virtual, memberikan sejumlah amanat pada jajarannya. Dia juga mengapresiasi kerja keras jajarannya dalam menegakan hukum.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap jajaran insan Adhyaksa di seluruh nusantara atas pengabdian, pengorbanan, dan kerja keras dalam menorehkan prestasi dan memberi citra positif,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/7).

Dikatakannya, meski di tengah keterbatasan dan pengetatan mobilisasi, jajarannya tetap mampu mengoptimalkan capaian kinerja.

Sebagai bukti, lanjutnya, selama Januari hingga Juni 2021, dalam penanganan kasus pidana umum (tipidum) pihaknya telah melakukan penuntutan sebanyak 56.987 kasus. Untuk tahap eksekusi 43.962 perkara.

“Untuk pelaksanaan sidang online, telah dilakukan sebanyak 339.090 kali. Untuk penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif sebanyak 46 perkara,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, dalam hal tindak pidana khusus (tipidsus), pihaknya tengah melakukan penyelidikan 860 perkara. Sementara untuk tahap penyidikan 847, sedangkan tahap penuntutan 645 perkara.

“Yang telah masuk tahap eksekusi sebanyak 605 orang. Penyitaan aset juga telah dilakukan dengan estimasi senilai lebih dari Rp14 triliun,” ujarnya.

Tak hanya itu, Burhanuddin juga menyebut pihaknya telah menangkap puluhan buronan. Salah satunya memulangkan buronan kelas kakap Adelin Lis ke Indonesia.

“Total ada 96 buronan yang berhasil ditangkap, termasuk memulangkan Adelin Lis ke Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Burhanuddin juga membeberkan sejumlah jaksa yang mendapat sanksi tegas. Selama Januari hingga Juni 2021, pihaknya telah melakukan 62 Inspeksi Umum dan 10 Inspeksi Khusus.

“Kami juga telah menjatuhkan hukuman disiplin kepada 101 orang. Lalu memberhentikan sementara sebagai Pegawai Negeri Sipil sebanyak 6 orang Jaksa,” katanya.

Dikatakannya, hasil kerja keras seluruh aparat Kejaksaan membuat tingkat kepercayaaan masyarakat meningkat. Berdasarkan hasil survei dari sejumlah lembaga, tren kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap Kejaksaaan pada Desember 2019 berada di angka 52,9 persen (survei Indobarometer). Namun pada Mei 2021 kini telah naik pesat mencapai angka 82,2 persen (Cyrus Network).

“Capaian ini tidaklah lantas membuat kita berpuas diri dan lengah, melainkan akan menjadi motivasi bagi kita untuk terus memberikan karya yang terbaik untuk bangsa. Kita harus tetap fokus, semangat, dan ikhlas dalam bekerja. Teruslah berkarya karena itu yang akan membedakan kapabilitas dan kualitas kinerja saudara dengan yang lain. Selalu niatkan dalam diri saudara, bekerja adalah sebagai nilai ibadah dan jadikan jabatan sebagai ladang kita dalam menabur kebaikan,” ujarnya.(gw/lan/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru