-advertisement-
-advertisement-
HomeEkonomiEWI Apresiasi Langkah Antisipatif PLN Jaga Keandalan Listrik di Masa PPKM Darurat

EWI Apresiasi Langkah Antisipatif PLN Jaga Keandalan Listrik di Masa PPKM Darurat

 

JAKARTA – Energy Watch Indonesia (EWI) memberikan pujian setinggi langit atas inisiatif serta kerja cepat PLN dalam mengamankan pasokan listrik, khususnya bagi sektor-sektor kritikal seperti Rumah Sakit, hingga industri penting seperti produsen Oksigen, selama masa Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sebagaimana diketahui, PLN bergerak cepat dengan menyiagakan 5.388 personel untuk memastikan keandalan pasokan listrik di rumah sakit rujukan Covid-19 dan industri oksigen yang berada di Banten dan Jawa Barat.

Langkah ini menjadi kontribusi PLN dalam memastikan lancarnya pelayanan kesehatan, dan ketersediaan oksigen medis bagi pasien Covid-19.

Personel PLN yang disiagakan akan memastikan keandalan pasokan listrik bagi 142 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jawa Barat, dan 30 rumah sakit rujukan di Banten. Selain itu, tim PLN juga mendukung produktivitas 9 lokasi pabrik oksigen yang ada di Jabar dan 5 lokasi di Banten.

“Ya tentu kita mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh PLN dengan penyiagakan personil yang cukup banyak, dalam rangka memastikan keandalan sistem dan keandalan jaringan untuk suplay energi, terutama listrik ke fasilitas-fasilitas produksi, terutama yang saat ini sangat dibutuhkan dalam PPMM Darurat ini memproduksi oksigan. Kita berharap semua BUMN, bukan hanya PLN, tapi semua BUMN yang mampu bergerak menghasilkan dan berkarya bersama untuk menghasilkan semuanya,” ujar Direktur Eksekutif EWI, Ferdinand Hutahaean kepada Fajar Indonesia Network (FIN), saat dihubungi Selasa (6/7).

“Dan khusus bagi PLN, kita mengapresiasi bahwa langkah ini sangat tepat, sangat bagus, karena tanpa energi listrik semua akan sia-sia dan terhambat. Termasuk kepada pelayanan di rumah sakit,” tegasnya.

PLN sendiri, diwakili oleh Wakil Direktur Utamanya Darmawan Prasodjo, pada Senin (5/7) kemarin dengan didampingi Direktur Bisnis Regional, Jawa, Madura, & Bali PLN Haryanto WS, sempat melakukan kunjugan ke salah satu anak usaha PT Aneka Gas Industri TBK (Samator), PT Samator Surya Agung. PLN ingin memastikan bahwa pasokan listrik yang diperlukan oleh produsen gas dapat terpenuhi.

“Kita betul-betul berharap pada keandalan sistem PLN untuk menjaga keberlangsungan pasokan sumber daya listrik ke semua fasilitas kesehatan dan fasilitas-fasilitas yang memproduksi oksigen untuk saat ini, dan sekali lagi kita mengapresiasi PLN dan kinerja ini harus didukung. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kesigapan ini,” ungkap Ferdinand.

Kedepan, ia berharap agar BUMN-BUMN lain bisa bersinergi dengan PLN, untuk mendukung sektor-sektor strategis berfungsi dengan baik di masa pembatasan sosial ini.

“Tentu kita masih sangat berharap BUMN-BUMN lain untuk bisa bekerjasama dengan PLN, juga Pertamina yang saya dengar sudah menggerakkan upayanya juga untuk menghasilkan oksigen. Jadi ini sebuah langkah strategis yang bagus, cepat dari PLN dan harus didukung serta di Apresiasi,” pungkasnya. (git/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-