News

Dikritik Mahasiswa, Begini Sikap Jokowi

fin.co.id - 29/06/2021, 17:55 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Mahasiwa menjuluki Presiden Joko Widodo (Jokowi) the king of lip service. Disebut begitu Jokowi santai. Bahkan dirinya menyebut kritik yang dilayangkan mahasiswa kepada dirinya merupakan hal yang biasa pada era demokrasi sebagai bentuk ekspresi mahasiswa.

"Kan itu sudah sejak lama. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer. Ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo. Kemudian ganti lagi. Ada yang bilang saya ini otoriter. Kemudian ada juga yang ngomong saya ini bebek lumpuh. Baru-baru ini, saya ini bapak bipang, dan terakhir ada yang menyampaikan the king of lip service," ujar dalam sesi wawancara di Istana Merdeka, Jakarta, yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (29/6).

Baca Juga : Panas! Giliran HMI Ajak Revolusi: Jokowi Harus Turun, Bentuk Pemerintahan Sementara

Jokowi menyatakan hal tersebut bentuk ekspresi mahasiswa. Di negara, demokrasi hal tersebut boleh dilakukan. "Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan negara demokrasi. Jadi, kritik itu, boleh-boleh saja. Universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa berekspresi," papar Kepala Negara.

Baca Juga : Bela Jokowi, Ferdinand ke BEM UI: Kritik Harus dengan Solusi, Jangan Jadi Corong Omong Kosong!

Meski begitu, Jokowi mengingatkan bangsa Indonesia memiliki budaya tata krama dan kesopansantunan."Tapi kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan. Saya kira biasa saja. Mungkin mereka sedang belajar mengekspresiakan pendapat. Tapi yang saat ini penting kita semuanya memang bersama-sama fokus untuk penanganan pandemi COVID-19," pungkas Jokowi. (rh/fin)

Admin
Penulis
-->