-advertisement-
-advertisement-
HomeHukum dan KriminalBuku Saku SKB Pedoman UU ITE Disiapkan

Buku Saku SKB Pedoman UU ITE Disiapkan

JAKARTA – Surat Kesepakatan Bersama (SKB) Pedoman Implementasi UU ITE telah ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Menkominfo Johnny G Plate. Untuk mepermudah penerapannya, Pemerintah akan menyiapkan buku saku.

Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo mengatakan pemerintah akan buku saku tentang SKB Pedoman Implementasi UU ITE bagi penegak hukum.

“SKB akan dimasukan dalam buku saku supaya lebih mudah dibawa dibaca dan dipelajari oleh aparat penegak hukum,” katanya dalam keterangannya, Jumat (25/6).

Dikatakan Ketua Tim Kajian UU ITE ini, buku saku dipersiapkan dalam rangka sosialisasi SKB yang ditandatangani pada Rabu (23/6) tersebut.

“Saat ini tim dari Kominfo tengah mempersiapkan buku saku untuk segera disebarkan kepada aparat penegak hukum untuk jadi pegangan,” ungkapnya.

Diharapkan buku saku tersebut bisa menutup celah multitafsir dalam implementasi UU ITE.

“Diharapkan dengan tahapan-tahapan itu termasuk sosialisasi yang akan kita lakukan kepada jajaran penegak hukum bisa menutup celah adanya multitafsir di dalam implementasinya,” ujarnya.

Ditegaskannya, langkah penerbitan SKB dilakukan sambil menunggu perubahan regulasinya di DPR.

“Kemudian tadi dipertanyakan bahwa pedoman tidak cukup, harus ada revisi. Saya sependapat. Saya sependapat, pedoman ini tidak cukup. Saya sependapat. Dan ini dibuktikan, dua tim (Tim kajian UU ITE dan SKB Pedoman Implementasi) yang bekerja sama-sama merekomendasikan UU ITE untuk direvisi,” ujarnya.

Sugeng menegaskan SKB Pedoman Implementasi sebatas penyatuan pemahaman mengenai pasal-pasal yang disinyalir mulitafsir, sehingga SKB ini tidak termasuk norma hukum baru.

“SKB ini untuk memperjelas norma yang sudah diatur di dalam UU ITE. Norma barunya tentu kita coba masukan di dalam saran revisi UU ITE-nya. Jadi inilah maksimal yang bisa kita lakukan,” ujarnya.(gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-