Kasus Paspor Palsu Adelin Lis Diserahkan ke Imigrasi

HomeHukum dan KriminalKasus Paspor Palsu Adelin Lis Diserahkan ke Imigrasi

JAKARTA – Polri menyerahkan penanganan kasus paspor palsu buronan pembalakan liar Adelin Lis ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebab wewenang penegakan hukum kasus tersebut ada di pihak imigrasi

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan pihaknya menyerahkan penanganan kasus paspor palsu Adelin Lis ke pihak imigrasi. Dikatakannya, kasus tersebut adalah wewenang imigrasi untuk melakukan penegakan hukum, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Penegakan hukumnya menjadi kewenangan PPNS Keimigrasian berdasarkan asas lex spesialis derogat legi generali,” katanya, Rabu (23/6).

Dijelaskannya, nanti pihak imigrasi akan melakukan koordinasi dengan penyidik Polri. Khususnya untuk bantuan penyerahan barang bukti berupa paspor palsu yang kini masih di tangan atase Polri di Singapura.

“Dalam pelaksanaan proses penyidikan, PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Keimigrasian berkoordinasi dengan penyidik Polri, termasuk diantaranya bantuan penyerahan barang bukti dokumen perjalanan RI (paspor) asli tapi palsu yang masih diamankan oleh Kedubes RI dan Atpol/SLO Polri di Singapura,” jelasnya.

Diungkapkannya, kasus ini telah ditangani pihaknya secara intensif selama seminggu terakhir.

“Penyidikan terkait dugaan 2 tindak pidana di atas oleh PPNS Keimigrasian sudah dimulai sejak koordinasi intensif dilakukan minggu lalu,” katanya.

Dua tindak pidana yang dilakukan yaitu menggunakan dokumen perjalanan RI (paspor) yang diketahui palsu atau dipalsukan. Lalu memberikan data tidak sah atau keterangan yang tidak benar untuk memperoleh Dokumen Perjalanan RI bagi dirinya sendiri.

“Semua substansi kedua perbuatan melawan hukum atau tindak pidana tersebut secara khusus telah diatur dalam UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (vide Pasal 126 huruf a dan c) dan penegakan hukumnya menjadi kewenangan PPNS Keimigrasian,” katanya.(gw/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru