Ini Penyebab COVID Mengganas di Indonesia

HomePolitikIni Penyebab COVID Mengganas di Indonesia

JAKARTA – Kegiatan yang dilakukan masyarakat selama pengetatan Lebaran Idul Fitri diduga kuat menjadi pemicu melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia. Masyarakat juga mulai abai protokol kesehatan dan masuknya varian virus Delta dari India juga mempercepat proses penularan.

“Kita tahu sebelum Idul Fitri, Natal-tahun baru itu kasusnya meningkat. Itu puncaknya di Februari. Namun, Maret-April sudah mulai turun,” ujar Plt Dirjen P2P Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwo, dalam dialog di kanal YouTube Kemkominfo TV, Rabu (23/6).

Tetapi, setelah liburan Idul Fitri, pengetatan dinilai cukup bagus. Pasca liburan Idul Fitri banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan silaturahmi. “Akhirnya angkanya mulai naik,” imbuhnya.

Faktor lain yang mempengaruhi lonjakan, kata Maxi, adalah penularan yang sangat signifikan di beberapa daerah. Selain itu, masuknya varian Delta dari India yang menular lebih cepat. “Intinya apa pun variannya tentu ada kelalaian pada protokol kesehatan. Ini yang membuat virus bisa masuk,” jelasnya.

Saat protokol kesehatan kendur, varian baru lebih cepat menular. Maxi menyadari pandemi Corona yang telah berlangsung selama satu tahun lebih turut mempengaruhi ketaatan warga dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

“Saya juga mengamati karena orang menjalani pandemi ini hampir satu tahun setengah. Tetapi, terus ingatkan kepada masyarakat jangan kendur protokol kesehatan,” terangnya.

Menurutnya, fasilitas pelayanan kesehatan ada batasnya. Baik alat, SDM dan tenaga medisnya. “Kita berdoa semoga dengan penerapan PPKM Mikro ini tidak terjadi lonjakan yang besar,” tutupnya.(rh/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru