26, October, 2021

DPD Ikut Susun Haluan Negara, Jimly Asshiddiqie: Tidak Mengurangi Kekuasaan DPR Sama Sekali

JAKARTA – Ketua Tim Kerja Politik Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) Jimly Asshiddiqie menyatakan perubahan terbatas dalam usulan perubahan kelima UUD 1945 adalah pada pasal 3 dan pasal 23 UUD 1945.

Dikutip Rabu (23/6), Jimly menjelaskan dalam pasal 3 diusulkan tambahan keterlibatan peran DPD RI dalam penyusunan haluan negara, dan pada pasal 23 tentang keterlibatan peran DPD RI dalam RAPBN sebagai pelaksanaan haluan negara.

“Isu yang menonjol adalah haluan negara, dengan melibatkan DPD RI dalam penyusunan haluan negara jangka panjang, dan implementasinya secara substansi program haluan negara dalam RAPBN. Jadi tidak mengurangi kekuasaan DPR sama sekali, karena DPD RI tidak membahas anggaran, hanya substansi program. Partnership DPD-DPR dapat terjadi karena masing-masing memiliki tugas masing-masing. Double check kepada Pemerintah juga dapat terjadi,” bebernya.

Jimly yang merupakan Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta ini berharap agar pada tahun 2024 haluan negara sudah diputuskan.

“Untuk itu, kita punya waktu perubahan kelima UUD 1945 secara terbatas pada Oktober 2023 sudah ditetapkan. Targetnya di tahun 2021 adalah penggalangan sepertiga anggota MPR sesuai syarat pada pasal 37 UUD 1945,”jelasnya. (khf/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer