Maag, Penyebab dan Gejalanya

HomeLifestyleMaag, Penyebab dan Gejalanya

JAKARTA – Peptic ulcer atau maag adalah luka yang terjadi pada saluran pencernaan, juga pada sebagian dari usus kecil manusia. 

Penyebabnya sendiri adalah disebabkan oleh asam yang diproduksi tubuh, mengggerogoti permukaan dalam perut atau usus kecil.

Pada kasus kecil, menurut Mayo Clinic, maag dapat memicu luka kecil dan menyebabkan pendarahan. 

Gejala yang paling umum ditunjukan kondisi ini, adalah rasa sakit atau nyeri di bagian perut, selain kembung, gangguan napsu makan dan mual.

Adapun jenis dari kondisi ini terbagi menjadi dua, gastritic ulcer (terjadi di bagian dalam perut) dan  duodenal ulcer yang muncul di bagian atas usus kecil. 

Penyebab yang paling umum dari maag sendiri menurut ahli, adalah infeksi bakteri bernama Helicobacter pylori, selain juga dikarenakan pengguaan obat tertentu. 

Mereka yang kerap mengkonsumsi obat anti radang, seperti ibuprofen, adalah mereka yang juga berisiko berurusan dengan kondisi ini. 

Sementara stress dan gemar makan makanan pedas, bukanlah pemicu maag pada seseorang, Namun pada mereka yang punya masalah maag, kedua elemen di atas dapat memperburuk kondisi yang ada.(ruf/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru