17, October, 2021

Pedagang Pasar Diswab Antigen

PANGKALPINANG – Tim Satuan Tugas Covid-19 terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Pangkalpinang. Selain melakukan vaksin, swab antigen juga masih diupayakan untuk menyelesaikan kasus-kasus Covid-19. Kali ini, Tim menyasar pasar induk atau Pasar Kemangi Kota Pangkalpinang dan menyasar para pedagang yang berjualan, Kamis (17/6) pagi.

Sebanyak 63 pedagang yang dilakukan tes swab antigen. Dalam pemeriksaan itu, ada satu pedagang sayur ditemukan positif Covid-19 dan langsung dilakukan test PCR untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Hari ini sengaja kita melakukan tes swab antigen untuk menekan angka Covid-19. Ada sebanyak 63 pedagang dan ditemukan satu pedagang positif setelah di swab,” jelas Kepala Dinas kesehatan kota Pangkalpinang, Dr dr Mgs Hakim.

Selanjutnya, Hakim menyebutkan, pedagang yang dinyatakan positif langsung dibawa ke wisma karantina kota Pangkalpinang untuk penanganan pasien positif lebih lanjut.

“Kita juga akan melakukan suntik vaksin di lokasi ini. Bagi masyarakat atau pedagang silakan datang dengan membawa KTP,” imbuhnya.

Dalam penanganan Covid-19 di Kota Pangkalpinang, tak henti-hentinya pihaknya mengimbau kepada seluruh warga dan pedagang agar selalu menjaga protokol kesehatan. Pasalnya, Covid-19 ada di mana-mana dan tidak berwujud. Covid hanya dapat dideteksi dengan swab antigen atau PCR.

“Jadi tetap jaga prokes 3M, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Perlu kerja sama kita semua untuk menyelesaikan kasus Covid-19 di Pangkalpinang,” tuturnya.

Upaya swab massal kepada puluhan pedagang pasar Induk (Pasar Kemangi) mendapati satu pedagang positif Covid-19. Meski demikian, Pasar masih tetap akan dibuka karena hanya ditemukan satu orang yang positif.

Kepala Dinas Perindustriaan Perdagangan UMKM dan Koperasi Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon berharap para pedagang yang ada di pasar induk (Pasar Kemangi) agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran virus covid 19 tidak menyebar luas di pasar ini. Satu pedagang yang positif ini langsung diamankan ke wisma karantina untuk penanganan tindak lanjut.

“Dari hasil tes swab terhadap puluhan pedagang hanya ada satu yang positif. Jadi langsung kita amankan ke wisma karantina Kota Pangkalpinang,” jelas Donal Tampubolon.

Menurutnya dengan hasil tes ini, tidak dilakukan penutupan pasar karena hanya ada satu orang positif dari puluhan pedagang yang di swab antigen, Kamis (16/6) pagi.

“Aktivitas perdagangan di Pasar Kemangi tetap dibuka seperti biasanya karena hanya satu pedagang saja yang ditemukan yang positif. Jadi kita tidak perlu untuk menutup pasar kemangi ini,” katanya.

Donal juga berharap kepada para pedagang agar bisa mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran virus covid 19 di lingkungan pasar tidak meluas.

“Kami harap nantinya, pedagang yang ada dipasar mau di suntik vaksin covid 19, pada hari selasa,(22/6) nanti. Agar mata rantai penyebaran virus covid 19 bisa dihentikan,” tutupnya. (tob)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer