23, October, 2021

Anak Muda Pilih Ganjar-Ridwan Kamil, yang Tua Pilih Prabowo

JAKARTA – Center for Political Communication Studies (CPCS) merilis survei terbaru pencalonan presiden pada 2024 mendatang.

Yang mengejutkan, Prabowo Subianto tidak menempati ranking pertama. Pemilih milenial dan gen Z dikuasai oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sementara Prabowo berada di posisi ketiga.

Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya mengatakan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di angka 17,7 persen, ditempel oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 16,0 persen.

Selanjutnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memperoleh 12,8 persen. Ada juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 7,6 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,3 persen..

Menurut Okta, tingginya elektabilitas Prabowo selama ini lebih banyak disumbang oleh pemilih generasi yang lebih tua.

“Makin besarnya pemilih muda pada Pemilu 2024 mendatang patut menjadi pertimbangan partai-partai politik dalam mengusung figur sebagai capres-cawapres,” tuturnya, Selasa (15/6).

Kombinasi yang lebih menarik adalah Prabowo-Puan. Prabowo merepresentasikan golongan tua dan Puan mewakili kalangan muda. Puan disebut-sebut menjadi figur sentral dalam regenerasi di internal PDIP.

“Sebagai politisi perempuan, Puan bisa meneruskan gaya kepemimpinan Megawati,” kata Okta.

Ia menerangkan, popularitas Ganjar di media sosial sampai-sampai membuat pihak elite PDIP meradang. Bahkan, melihatnya sebagai ancaman terhadap rencana mengusung Prabowo-Puan yang didukung koalisi PDIP-Gerindra.

Survei CPCS dilakukan pada 1-10 Juni 2021, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia dan berusia 16-39 tahun. (khf/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer