Jamaah Haji Batal Berangkat, Padahal Sudah Nunggu Sejak 2012

HomeNewsJamaah Haji Batal Berangkat, Padahal Sudah Nunggu Sejak 2012

WONOSOBO-Sebanyak 742 calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo dipastikan batal berangkat ke tanah suci. Pembatalan ini menyusul keputusan Pemerintah Indonesia yang tidak memberangkatkan jamaah haji tahun 2021 M/1442 H lantaran pandemic global covid 19. Padahal mereka telah menunggu sejak tahun 2012,

“Dengan regulasi pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 ibadah haji tahun ini dengan sangat terpaksa harus ditunda keberangkatannya,” ungkap Staf Seksi Haji Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo, Hasyim ditemui di sela acara Sosialisasi Penyelenggaraan Haji tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji tahun 2021 di aula Kantor Kemenag Wonosobo Jumat (11/6).

Hadir dalam sosialisasi tersebut Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, Diskominfo, Dinkes, Polres, Bagian Kesra Setda, Satpol PP, Kepala KUA, penyuluh agama Islam, Majelis Taklim Masjid Abu Daldiri, PCNU, PD Muhammadiyah KBIH dan perwakilan calon jemaah haji 2021.

Menurutnya, total ada 742 calon jamaah haji asal 15 kecamatan di Wonosobo yang batal berangkat tahun 2021 ini. Ratusan calon jamaah haji tersebut terdiri dari 393 laki-laki dan 349 perempuan. Ratusan calon jamaah haji asal Wonosobo ini merupakan calon haji yang sudah mendaftar haji pada awal tahun 2012 atau sudah masuk dalam daftar tunggu (waiting list) sejak 9 tahun lalu.

“Mereka masuk daftar tunggu sejak 9 tahun silam atau awal mendaftar pada tahun 2012,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, Ahmad Farid mengungkapkan, alasan utama pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan ibadah haji tahun 2021 ini didasarkan pada pertimbangan kesehatan dan keselamatan para jamaah haji di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Sebenarnya, rencana pemberangkatan haji tahun 2021 ini sudah dipersiapkan dengan maksimal. Segala persiapan sudah kita lakukan, tetapi atas dasar pertimbangan kesehatan dan keselamatan terpaksa ditunda,” ujarnya.

Menurutnya, para jamaah calon haji di Kabupaten Wonosobo sebelumnya juga sudah mengurus untuk persiapan ibadah, termasuk pelunasan biaya haji. Namun pihaknya mempersilahkan bagi jamaah calon haji untuk mengambil uang pelunasan.

“Dari total ada 742 calon jamaah haji, ada sekitar 630an jamaah sudah melakukan pelunasan. Mereka bisa mengambil uang pelunasannya,” jelasnya.

Pihaknya tidak memungkiri bahwa ratusan calon jamaah haji asal Wonosobo banyak yang kecewa, karena sudah lama menunggu untuk pergi ke tanah suci. Namun Ia berharap para jamaah calon haji berbesar hati dengan keputusan tersebut.

“Kami berharap jamaah calon haji yang batal berangkat tetap berbesar hati dan menerima keputusan pemerintah dengan positif, sebab keputusan ini semata-mata untuk kebaikan dan kesehatan jamaah,” pungkasnya. (ME/fin).

Seurce: Magelang Ekspres

Baca Juga

Berita Terbaru