News

Tuh Kan! PDIP Cocok dengan Prabowo

fin.co.id - 28/05/2021, 17:55 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya buka suara soal kemungkinan adanya koalisi antara partainya dengan Gerindra pada Pilpres 2024 mendatang. Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri diakui memang memiliki kedekatan.

"Apa yang disampaikan Mas Muzani (Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani, Red) karena melihat bagaimana kedekatan hubungan Pak Prabowo dengan Ibu Megawati. Selain aspek ideologi, faktor kedekatan kultural, kedekatan organisasi, kedekatan basis massa, kedekatan dari aspek strategi untuk memperluas basis massa juga akan jadi pertimbangan," ujar Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam sebuah diskusi di Jakarta, (28/5).

Menurutnya, PDIP tidak hanya dekat dengan Gerindra. PDIP, lanjutnya, bisa saja berkoalisi dengan partai mana pun. Bisa dengan PAN, PPP dan PKB. Hasto menegaskan PDIP bisa berkoalisi partai mana pun dengan ideologi yang sama.

Dia berharap kontestasi Pilpres 2024 hanya diikuti oleh dua pasangan calon. "Tahun 1912 berdiri Muhammadiyah. Salah satunya lahirlah PAN, kami cocok. Kemudian tahun 1926 ada NU, lahir PKB dan PPP, kami juga cocok. Tahun 1945 berdiri TNI, Pak Prabowo dari TNI, kami pun cocok," paparnya.

PDIP, kata Hasto, akan membangun koalisi. Tujuannya pemilu 2024 mendatang hanya diikuti oleh dua pasangan calon. "Sehingga tidak ada dua ronde. Supaya energi bisa difokuskan mengatasi berbagai persoalan bangsa," pungkasnya.(rh/fin)

Admin
Penulis
-->