News

Belum Tentukan Pilihan, Gus Jazil: PKB Cari yang Serius

fin.co.id - 28/05/2021, 17:18 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Pasca munculnya sejumlah nama yang digadang pantas untuk maju dalam Capres 2024 dalam sejumlah survei, Partai Kebangkitan Bangsa menegaskan belum membuka koalisi dengan partai manapun.

Wakil Ketua Umum Dewan DPP PKB Jazilul Fawaid menjelaskan, PKB berharap ada partai yang ingin serius diajak berkoalisi.

Saat ini, PKB masih menunggu. "PKB juga ingin fokus sebenarnya tetapi kan partner kita mau gak diajak fokus. Nah PKB menunggu siapa yang mau serius," ucapnya.

Syarat koalisi itu, kata Jazilul, adalah pertama memenuhi kecukupan ambang batas 20 persen. PKB saat ini punya 10 persen suara. Kedua, satu visi dengan PKB.

Kemudian adalah calon figur yang memiliki elektoral kuat, dedikasi dan pengalaman. PKB sendiri punya tokoh dari internal yaitu Ketua Umum Muhaimin Iskandar.

"Jadi administrasi terpenuhi, secara visi satu, lalu figur," jelasnya.

Meski belum menentukan koalisi, ia melanjutkan, tetapi pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah partai.

Sebut saja Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum Golkar Airlangga Hartarto hingga Ahmad Syaikhu Presiden PKS.

Ia melanjutkan, pada prinsipnya PKB adalah partai yang inklusi dan juga berbasis partai Islam terbesar di Indonesia.

"Jadi kita inklusi, asal visi sama, arahnya sama tentu PKB juga berharap, ya kita juga berharap dengan PDIP, kita berharap dengan Gerindra, kita berharap dengan partai Islam yang ada. Kita duduk bersama karena kepentingan ini bukan kepentingan satu golongan, tapi bangsa," katanya, Jumat (28/5)

Gus Jazil (sapaan akrabnya) mengaku menghormati wacana pembentukan koalisi Gerindra dan PDIP. PKB pun terbuka dengan bergabung Gerindra dan PDIP maupun pihak lain.

Meski, telah melakukan pertemuan-pertemuan dengan ketua partai, namun belum fokus untuk kesepakatan berkoalisi.

"Tetapi semua pertemuan belum fokus, yang saya tahu, belum fokus pada kesepakatan tertentu terkait koalisi," katanya. (khf/fin)

Admin
Penulis
-->