17, September, 2021

Terpapar Corona, Eks Gubernur Aceh Wafat

JAKARTA – Mantan Gubernur Aceh Profesor Dr H Syamsudin Mahmud meninggal dunia. Almarhum menghembuskan napas terakhir di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, Sabtu (22/5) setelah terinfeksi virus COVID-19.

“Beliau meninggal dunia pada pukul 10.30 WIB, dalam kondisi positif COVID-19,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh Rahmadi, Sabtu (22/5).

Menurutnya, almarhum masuk ke rumah sakit karena positif COVID-19 pada Rabu (19/5) tengah malam. Selain positif Corona, almarhum juga memiliki penyakit penyerta (komorbid). Sehingga harus mendapat perawatan di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Pinere. “Selain sudah sepuh, beliau juga ada komorbid. Salah satu penyakit penyertanya adalah diabetes mellitus,” jelas Rahmadi.

Usai dishalatkan di lapangan parkir gedung lama RSUD Zainoel Abidin dengan protokol kesehatan ketat, jenazah diberangkatkan ke Beureunun, Kabupaten Pidie proses pemakaman.

Seperti diketahui, Profesor Dr H Syamsudin Mahmud adalah Gubernur Aceh periode 1993 – 2000. Dia diangkat sebagai Gubernur Aceh menggantikan pendahulunya Ibrahim Hasan. Almarhum meninggal dunia pada usia 87 tahun.(rh/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer