Harap Tenang, Ziarah TPU Dibuka Kembali Mulai Pekan Depan

HomeNewsHarap Tenang, Ziarah TPU Dibuka Kembali Mulai Pekan Depan

 

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan akan membuka kembali peziarahan di Taman Pemakaman Umum (TPU), mulai awal pekan depan, Senin (17/5). Sebelumnya TPU di DKI Jakarta ditutup sejak 12 hingga 16 Mei, guna mengurangi risiko terjadinya cluster baru penyebaran Covid-19, yaitu cluster pemakaman.

“Sampai dengan hari Minggu tanggal 16 Mei, sesudah itu tempat ziarah kubur dibuka,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5).

Tak hanya TPU, Anies juga berencana membuka tempat wisata di DKI Jakarta secaraa terbatas. Jika saat ini tempat wisata hanya boleh dikunjungi warga ber-KTP DKI Jakarta, maka mulai Senin depan, warga ber-KTP non DKI Jakarta diperbolehkan masuk tempat wisata. Namun demikian, kapasitas tetap dibatasi hanya 30 persen saja dari kondisi normal.

“Kemudian juga tempat wisata kembali tetap 30 persen tapi tidak harus membawa KTP DKI,” ungkapnya.

Sebelumnya, TPU di Jakarta dan wilayah sekitarnya ditutup selama masa pelarangan. Kendati hal ini, beberapa peziarah memaksa untuk masuk ke beberapa TPU di DKI Jakarta. Salah satunya yang menjadi viral adalah seperti yang terjadi di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat pada Jumat, (14/5) hari ini.

Peziarah akhirnya berhasil menjebol pagar penutup TPU, seiring dengan masuknya mobil jenazah yang hendak menguburkan warga di TPU Tegal Alur tersebut. (git/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru