Ekonomi Membaik, Pelaku UMKM Makin Optimis Terhadap Bisnisnya

HomeEkonomiEkonomi Membaik, Pelaku UMKM Makin Optimis Terhadap Bisnisnya

 

JAKARTA – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disebut semakin optimis dalam menjalankan bisnisnya, seiring dengan perbaikan perekonomian yang terjadi pada 2021 ini.

Hal itu bisa dilihat dari hasil survey BRI Micro & SME Index (BMSI) yang meningkat dari 81,5 pada kuartal IV-2020 menjadi 93,0 di kuartal I-2021. Selain itu, pelaku UMKM juga makin optimis terhadap prospek usahanya di kuartal II-2021 yang ditunjukkan oleh indeks ekspektasi BMSI yang naik signifikan ke 128,0 dari 105,4 di kuartal sebelumnya.

“BMSI ini telah diluncurkan pada November 2020 lalu dan dilakukan secara kuartalan untuk mengukur aktivitas bisnis UMKM sekaligus bentuk kepedulian BRI tehadap aktivitas UMKM Indonesia,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/5).

Sunarso mengungkapkan, BMSI merupakan survei yang menilai pelaku UMKM atas aktivitasnya, terdiri atas indeks aktivitas bisnis (IAB) untuk melihat situasi sekarang dan juga situasi tiga bulan yang akan datang.

Adapun kenaikan BMSI kuartal I-2021 disebabkan oleh empat faktor. Pertama, meningkatnya kembali aktivitas masyarakat diluar rumah seiring dengan melandainya kasus infeksi baru Covid-19 dan program vaksinasi yang terus meluas. Kedua, terjadinya peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan selama perayaan Imlek, serta antisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Ketiga adalah tanaman bahan makanan dan kenaikan harga beberapa komoditas hasil perkebunan, Keempat, relaksasi kebijakan makroprudensial sektor properti yang menguntungkan sektor konstruksi.

Sunarso juga mengungkapkan pada riset kali ini ada temuan yang menarik yaitu realisasi investasi ternyata berkorelasi positif sebesar 87,2 persen dengan BMSI.

“Hal ini artinya daerah yang kegiatan investasinya relatif besar cenderung memiliki aktivitas usaha UMKM (BMSI) yang relatif tinggi. Keberadaan proyek infrastruktur pemerintah memberikan dampak yang positif terhadap kegiatan usaha UMKM di sekitarnya,” pungkasnya. (git/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru