Tiga Nama Ini Diprediksi Ikut Capres

HomePolitikTiga Nama Ini Diprediksi Ikut Capres

JAKARTA – Lagi, tiga nama mencuat dalam bursa pencalonan presiden 2024 mendatang. Survei yang dilakukan Indometer menyatakan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil merupakan calon presiden unggulan.

“Mereka berpeluang diusung oleh koalisi partai-partai politik pada Pilpres 2024. Ketiganya jauh mengungguli Sandi, Anies, maupun AHY,” kata Direktur Eksekutif Indometer Leonard S.B., Jumat (7/5).

BACA JUGA: Insentif Relawan Nakes RS Wisma Atlet Proses Cair

Ketiga nama tersebut, Ganjar, Prabowo, dan Ridwan Kamil bukan kali pertama muncul dan digadang-gadang untuk maju dalam kontestasi lima tahunan tersebut. Data yang diperoleh, yang dilakukan Indometer menunjukkan Ganjar unggul dengan elektabilitas 19,1 persen, disusul Prabowo 17,4 persen dan RK 14,5 persen.

Elektabilitas ketiga tokoh mengalami fluktuasi atau naik turun. Tren elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil mengalami kenaikan, berpeluang untuk bersaing ketat.

BACA JUGA: Ditutup Melemah, IHSG Terpengaruh Larangan Mudik

Ada juga nama lain yang sering muncul, seperti Sandiaga Uno, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono. hanya saja, nama tersebut berada di bawah posisi Prabowo, Ganjar dan RK.

Anies dan Sandi yang pernah berduet pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam 1 tahun terakhir terus menurun elektabilitasnya. Kini elektabilitas Sandi sebesar 6,1 persen, tipis di atas Anies 5,9 persen.

AHY yang juga menjadi rival Anies-Sandi pada Pilkada DKI berada di bawah dengan elektabilitas 4,6 persen. Menurut Leonard, Sandi dan AHY lebih memiliki peluang kuat dibandingkan Anies untuk diusung pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Temukan Pertanyaan Bernada Seksisme dan Diskriminatif, TWK Pegawai KPK Dikecam

Meskipun, sama-sama turun, tren penurunan elektabilitas Sandi tidak setajam Anies. Sementara itu, elektabilitas AHY cenderung meningkat dan berpeluang menyalip Anies.

“Pasangan Sandi-AHY lebih realistis jika dibandingkan Anies-AHY,” kata Leonard.

Nama-nama lain yang bisa dipertimbangkan oleh partai-partai adalah Tri Rismaharini (4,4 persen) dan Erick Thohir (4,0 persen). Di deretan bawah ada Khofifah Indar Parawansa (3,0 persen), Giring Ganesha (2,6 persen), Puan Maharani (1,3 persen), dan Mahfud MD (1,1 persen). Sisanya di bawah 1 persen, dan tidak tahu/tidak jawab 14,2 persen.

Survei Indometer dilakukan pada tanggal 27 April sampai dengan 3 Mei 2021, melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ± 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (khf/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru