Pemerintah Arab Belum Putuskan Soal Haji

HomeInternasionalPemerintah Arab Belum Putuskan Soal Haji

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021. Hingga saat ini pelaksanaan ibadah haji masih dalam proses pembahasan.

Juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Hisham Saeed kepada Al Arabiya menegaskan bahwa mereka belum mengeluarkan keputusan resmi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Dikatakannya, Arab Saudi sebenarnya ingin Muslim di seluruh dunia bisa melaksanakan ibadah haji.

“Namun, kementerian juga memprioritaskan keselamatan jemaah tetap menjadi perhatian,” katanya.

Sebelumnya, Reuters memberitakan dua sumbernya menyebutkan Pemerintah Arab hanya akan menyelenggarakan haji untuk jemaah domestik alias tak menerima jemaah dari luar negeri. Itupun, jemaah harus sudah divaksinasi atau pulih dari COVID-19 setidaknya enam bulan.

“Pembatasan juga akan diterapkan ke usia peserta,” ujar satu sumber Reuters, dikutip Jumat (7/5).

Sumber lainnya, mengatakan awalnya, Saudi ingin mengizinkan sejumlah jemaah asing yang sudah divaksin. Namun, timbul kebingungan mengenai jenis vaksin yang bakal menjadi syarat.

Namun, kedua sumber tersebut mengatakan isu ini masih menjadi pertimbangan. Dan pemerintah belum mengambil keputusan apa pun.

Jika aturan itu berlaku, maka ini menjadi tahun kedua, jemaah asing tak bisa pergi beribadah haji di Tanah Suci. (gw/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru