18, September, 2021

Mengenal “RMIK” Jurusan Langka di Universitas Esa Unggul

JAKARTA – Banyak orang yang masih asing dengan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul yakni Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK).

Jurusan Rekam Medis (atau Rekam Medis dan Informasi Kesehatan), mempelajari hal-hal yang meliputi pendaftaran pencatatan, pelaporan, pengumpulan, , pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja., MBA, IPU mengatakan Program S1 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul adalah sebagai pendiri dan pelopor program studi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan yang pertama di Indonesia (sejak 1989).

“Kami merupakan pelopor jurusan RMIK di Indonesia, fakta ini menunjukan bahwasanya RMIK UEU merupakan RMIK terbaik di Indonesia, kami pun Memiliki ijin penyelenggaraan dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Pembinaan dari Kementrian Kesehatan Status Terakreditas (A), baik dari Kementrian Pendidikan Nasional ataupun dari Kementrian Kesehatan,” ujarnya.

Arief pun melanjutkan visi kedepannya pada tahun 2024 Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan mampu menghasilkan lulusan terbaik bidang Kesehatan di Indonesia yang berbasis intelektual, etis, inovasi dan unggul, berjiwa kewirausahaan serta memilliki daya saing global.

“Nantinya lulusan RMIK Universitas Esa Unggul dapat bekerja di instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun lembaga pendidikan sebagai pengkode diagnosis dan tindakan (clinical coder), manajer unit kerja rekam medik dan informasi kesehatan, pengelola sistem informasi kesehatan; mitra pengembang aplikasi sistem informasi kesehatan dan mitra peneliti,” terangnya.

Arief berharap kedepannya para lulusan RMIK Universitas Esa Unggul dapat menjadi lulusan yang Peka terhadap masalah dan perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dengan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan serta memahami tanggung jawab profesional, serta menjalankan etika profesi perekam medis dan Informasi Kesehatan dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat dan memberi kontribusi pada pembangunan.

“Para lulusan RMIK Universitas Esa Unggul dipersiapkan menjadi Individu pembelajar yang siap belajar sepanjang hayat melalui studi lanjut (Sarjana/sarjana terapan, pascasarjana), mengembangkan karya di bidang penelitian maupun pengabdian masyarakat, dan kegiatan profesional, baik ditingkat nasional maupun internasional,” tutupnya.

Jadi tunggu apalagi yuk gabung di jurusan Rekam Medis da Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul, banyak keunggulannya loh, mulai dari fasilitas dan tenaga pengajar yang tentunya berkualitas. (nrm/rls/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer