5 Alasan Liga 1 Indonesia Musim 2021 Tanpa Adanya Degradasi

HomeBola5 Alasan Liga 1 Indonesia Musim 2021 Tanpa Adanya Degradasi

JAKARTA – Wacana Liga 1 Indonesia musim 2021 tanpa adanya degradasi terus disuarakan oleh Exco PSSI. Ada lima alasan yang mereka kemukakan sehingga kondisi tersebut bisa diterapkan.

Meski mendapatkan banyak tentangan dari berbagai pihak, sejumlah perwakilan klub Liga 1 tetap ingin melanjutkan kompetisi tanpa degradasi. Berikut ini lima alasan dari Exco PSSI terkait liga tanpa degradasi.

BACA JUGA: PSSI Berencana Memulai Liga Indonesia Pada Awal Juli 

  1. Pandemi Covid-19 – Status pandemi Covid-19 masih belum berakhir di Indonesia, sehingga wajar jika ada penyesuaian terkait aturan liga.
  2. Kondisi Pemain – Sempat absen berlaga pada kompetisi resmi selama hampr satu tahun, membuat sejumlah pemain belum kembali ke performa semula.
  3. Refrensi Liga Jepang – JLeague sempat memberlakukan kompetisi tanpa degradasi pada tahun 2020 menjadi patokan PSSI melakukan hal serupa.
  4. Tidak Melanggar Statuta – Regulasi Liga 1 tanpa degradasi dilakukan karena alasan pandemi sehingga tidak melanggar statuta dari PSSI.
  5. Dukungan Klub – Pemberlakukan aturan ini memiliki banyak dukungan dari klub sehingga bisa diterapkan atas kesepakatan bersama.

Berdasarkan lima alasan tersebut Exco PSSI masih terus menggulirkan wacana liga tanpa degradasi. Namun memang banyak dampak negatif dari liga yang digelar tanpa adanya regulasi degradasi, seperti rawannya pengaturan skor.

Baca Juga

Berita Terbaru