Viral Video Penyekatan di Tol Cikarang Barat, Seperti Ini Faktanya

HomeMetropolitanViral Video Penyekatan di Tol Cikarang Barat, Seperti Ini Faktanya

 

CIKARANG – Sebuah video berdurasi 29 detik viral di media sosial. Video tersebut menggambarkan kerumunan orang di jalan tol yang memprotes Polisi serta pengelola jalan tol, dengan narasi penyekatan lalu lintas yang mereka lakukan, menyulitkan orang-orang yang mayoritas pekerja pabrik itu mengakses jalan tol untuk berangkat ke tempat kerja. Lokasi video tersebut berada di Tol Jakarta – Cikampek, area Gerbang Tol Cikarang Barat.

Polemik pun timbul akibat viralnya video tersebut. Banyak yang berkomentar negatif bahwa penyekatan lalu lintas itu menyusahkan mereka yang masih tetap harus bekerja, hingga tanggapan miring yang menyebut bahwa pelarangan mudik itu tidak baik.

Menjelaskan hal itu, pengelola jalan Tol Jakarta – Cikampek, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelaskan, kerumuman massa memang sempat terjadi pagi tadi, namun kondisi saat ini sudah mencair. Lalu lintas juga dipastikan sudah lancar kembali.

“Terjadi kepadatan pada tanggal 6 Mei 2021 sekitar pukul 07.00 WIB samoai dengan 08.00 WIB, tepatnya pada lokasi penyekatan KM 31 Arah Cikampek (Cikarang Barat) Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta arah sebaliknya,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam pernyataan resminya, Kamis (6/5).

Heru menjelaskan, kepadatan itu terjadi akibat penutupan akses Gerbang Tol Cikarang Barat (dari Cikampek menuju Jakarta), yang dilakukan atas diskresi Kepolisian, agar pengguna jalan dari Jakarta yang diputar balik (karena tidak membawa persyaratan), tidak terganggu dengan arus yang dari Cikampek akan keluar Cikarang Barat. Sehingga arus dari Cikampek ini diarahkan keluar setelah Gerbang Cikarang Barat, yaitu Gerbang Cibitung.

“Mempertimbangkan kondisi di lapangan, akhirnya atas diskresi Kepolisian, pada pukul 10.50 WIB akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek kembali dibuka. Saat ini kondisi di titik tersebut menuju arah Jakarta dalam keadaan lancar,” jelasnya.

Senada, Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kejadian tersebut merupakan protes dari para angkutan karyawan yang akan keluar dari Gerbang Tol Cikarang Barat dari arah Cikampek, karena Gerbang Tol Cikarang barat ditutup agar tidak crossing dengan kendaraan yang kita putar balik.

“Untuk saat ini kondisi sudah terkendali dan arus lalulintas sudah lancar,” tegas Sambodo. (git/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru