Penurunan Kasus Covid-19 di Indonesia Bikin Rupiah Melambung

HomeEkonomiPenurunan Kasus Covid-19 di Indonesia Bikin Rupiah Melambung

 

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat pada penutupan perdagangan sore ini, Selasa (4/5). Penguatan rupiah itu sejalan dengan sentimen positif langkah pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Mikro yang terbukti efektif menekan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia.

Mengutip data Bloomberg, Selasa (4/5) pukul 15.00 WIB, nilai tukar rupiah ditutup pada level Rp14.430 per dolar AS. Posisi tersebut menunjukkan penguatan 20 poin atau 0,14 persen apabila dibandingkan dengan penutupan perdagangan pada pasar spot Senin sore kemarin (3/5), yang berada di level Rp14.450 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim menjelaskan tantangan pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 masih sangat tinggi pada tahun depan yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

“Dan ini menjadi tantangan di mana kita perlu mengakselerasi pemulihan ekonomi sekaligus kesehatan APBN yang sudah bekerja sangat keras dalam dua tahun berturut-turut untuk menanggulangi pandemi,” ujar Ibrahim dalam rilis hasil risetnya, Selasa (4/5).

Ibrahim mengatakan pandemi covid-19 masih memiliki risiko tinggi pada tahun depan, karena saat ini kasus Covid-19 secara global telah mencapai di atas 800.000 per hari dan muncul berbagai varian baru. Gelombang baru kasus Covid-19 pun juga bermunculan di berbagai negara seperti India, Brasil, Chili, Turki, dan beberapa negara Eropa.

“Berbagai risiko pandemi tersebut akan mempengaruhi upaya pemulihan ekonomi pada tahun ini dan tahun depan yang dilandasi oleh faktor eksternal maupun domestik,” kata Ibrahim.

Atas dasar itu, Pemerintah memutuskan untuk terus memperpanjang PPKM skala Mikro guna untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Sejalan dengan itu, percepatan vaksinasi juga terus dilakukan untuk membentuk ketahanan imun agar lebih cepat tercapai.

Sebagai informasi, Indonesia berada di urutan ke-18 dunia dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 1,682,004. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara dengan kasus terbanyak.

Menurut situs resmi covid19.go.id, ada 4,730 kasus baru per hari ini. Saat ini, ada 100,564 kasus aktif di seluruh Indonesia.

Jumlah kasus sembuh terdapat sebanyak 1,535,491 dan angka kematian mencapai 45,949. Per hari ini ada 153 kasus kematian.

Ada 12,545,372 orang yang telah menerima vaksinasi dosis pertama, dan ada 7,827,196 orang yang telah menyelesaikan dosis vaksinasi Covid-19. (git/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru