Aktivitas Terminal Bakal Dihentikan

HomeNusantaraAktivitas Terminal Bakal Dihentikan

SLAWI – Aktivitas pemberangkatan dan kedatangan bus di Terminal Dukuhsalam dipastikan akan berhenti sejak pemberlakukan larangan mudik Lebaran tahun ini. Aktivitas naik turun penumpang di terminal tersebut akan mulai dihentikan 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni melalui Kabid Angkutan dan Terminal Suwondo mengatakan, jelang pemberlakuan larangan mudik. Tidak sedikit pemudik asal Kabupaten Tegal mulai melaksanakan tradisi pulang kampung dengan menggunakan armada bus di terminal tersebut.

“Kami dibantu Unit Dikyasa Satlantas Polres Tegal melakukan swab antigen kepada calon pemudik yang akan menggunakan bus di Terminal Dukuhsalam,” ujarnya seperti dikutip dari Radar Tegal (Fajar Indonesia Network Grup), Senin (3/5) kemarin.

Dari hasil swab antigen, jelasnya, semuanya negatif dan calon penumpang diperbolehkan memasuki bus yang akan mengantar ke ibu kota. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan bukan hanya ditujukan kepada pemudik, namun juga pada awak bus seperti sopir dan kernet.

“Tes kesehatanawak armada bus kali ini berupa cek suhu badan, tensi, dan cek alkohol,” cetusnya.

Dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sopir dan awak bus dalam keadaan sehat. Meskipun ada yang terdeteksi sedang dalam keadaan sakit, masih tergolong sakit ringan.Hasil pemeriksaan kesehatan terdeteksi pengemudi mengalami sakit ringan, seperti gula darah, hipertensi, dan kolesterol. Selain melakukan tes kesehatan, pihaknya juga melaksanakan tes urine untuk mengetahui apakah sopir dan awak bus mengonsumsi alkohol atau narkoba.

“Dari hasil pemeriksaan urine sopir dan awak bus negatif menggunakan alkohol atau narkoba,” ungkapnya.

Untuk sopir yang memiliki penyakit, diberikanobat dan disarankan untuk beristirahat. Setelah kondisi tubuh fit, baru diperbolehkan melakukan aktivitas. Dia kembali menegaskan, selama libur Lebaran pihaknya akan menghentikan aktivitas terminal sesuai seruan pusat terkait larangan mudik.

“Aktivitas terminal akan dibuka kembali setelah berakhirnya pemberlakuan larangan mudik dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (her/gun)

Baca Juga

Berita Terbaru