18, September, 2021

Kabupaten Sigi Tiga Kali Diguncang Gempa

JAKARTA – Gempa bumi tiga kali mengguncang wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (1/5). Wilayah yang terdampak adalah Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan. Ini terjadi karena aktivitas Sesar Palu Koro.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stiasiun Geofisika Palu, Sulawesi Tengah menyatakan gempa pertama pukul 04.00 Wita dengan magnitudo 4,4. Yang kedua pukul 06.30 Wita dengan magnitudo 3,6. Sedangkan ketiga ketiga pukul 06.34 Wita dengan magnitudo 4,7.

“Gempa terakhir dengan magnitudo 4,7 kedalamannya 6 kilometer. Gempa ini yang dirasakan oleh masyarakat,” kata staf BMKG Stasiun Geofisika Palu, Denny, Sabtu (1/5).

Menurutnya, ketiga gempa tersebut berkategori dangkal. Gempa berpusat di Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawei Tengah. “Semuanya gempanya di darat,” jelasnya.

BMKG menghitung ada lima kali gempa susulan yang terjadi pasca magnitudo 4,7, meski skalanya lebih kecil. Belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak benar.(rh/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer