17, October, 2021

Ditjen Imigrasi: Jozeph Paul Zhang Tinggalkan Indonesia ke Hongkong Sejak 2018

JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan Joseph Paul Zhang, pria yang viral akibat diduga melakukan penistaan agama, telah meninggalkan Indonesia sejak 2018 lalu.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan, Joseph Paul Zhang meninggalkan Indonesia menuju Hongkong pada 11 Januari 2018.

BACA JUGA: PGI Bilang Gak Usah Tanggapi Joseph Paul Zhang, Gus Umar: Yang Dihina Itu Junjungan Kami Pak!

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Joseph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018,” ujar Angga dalam keterangannya, Senin (19/4).

Angga mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri yang tengah mengsut kasus dugaan penistaan agama oleh Joseph Paul Zhang tersebut. Koordinasi dilakukan dengan penyampaian informasi perlintasan Joseph.

BACA JUGA: Jangan Terprovokasi Ulah Jozeph

“Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini,” tutup Angga.

Sebelumnya, Bareskrim Polri mendalami video pria mengaku nabi ke-26 dan melengkapi dokumen penyidikannya. Video pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 beredar luas di media sosial dan viral.

Jozeph mengaku sebagai nabi ke-26 yang disampaikan dalam forum diskusi via zoom yang juga ditayangkan di kanal YouTube pribadinya. Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk “Puasa Lalim Islam”.

BACA JUGA: Polri Kejar Joseph Paul, Eko Kuntadhi Tanyakan Ustad Waloni dan AUS: Gak Adil!

Ia juga menantang lewat sayembara bagi siapa yang berani melaporkan dirinya kepada kepolisian terkait penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26 akan diberikan uang Rp1 juta.

Dalam menyelesaikan perkara ini, Polri telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Keimigrasian dan Interpol. Karena Jozeph Paul Zhang diketahui sudah tidak berada di Indonesia. (riz/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer