Puasa tapi Ninggalin Salat, Tidak Sah!

HomeHikmahPuasa tapi Ninggalin Salat, Tidak Sah!

BANYAK ummat islam yang menjalankan puasa namun tidak menjalankan salat. Padahal dua ibadah ini adalah satu kewajiban yang harus dilaksanakan bai mukmin.

Salat sendiri merupakan ibadah pokok dalam islam. Sampai-sampai, Rasulullah memetakan orang-orang yang tidak melakukan salat, disamai dengan orang-orang kafir. Artinya, orang yang meninggalkan salat, dia telah keluar dari Islam.

“Antara hamba (mukmin) dan kafir ialah meninggalkan shalat,” (HR Ibnu Majah).

Untuk itu, jika meninggalkan salat, tetapi tetap menjalankan Puasa, maka puasa tersebut, hanya yang didapat adalah menahan lapar dan haus.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin –rahimahullah– pernah ditanya : Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat?

Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad.”

Kemudian dalil lain yang menjelaskan hukum meninggalkan puasa adalah murtad, Allah Ta’ala berfirman:

Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (QS. At Taubah).

Pendapat yang mengatakan bahwa meninggalkan shalat merupakan suatu kekafiran adalah pendapat mayoritas sahabat Nabi bahkan dapat dikatakan pendapat tersebut adalah ijma’ (kesepakatan) para sahabat.

Oleh karena itu, apabila seseorang berpuasa namun dia meninggalkan shalat, puasa yang dia lakukan tidaklah sah (tidak diterima). Amalan puasa yang dia lakukan tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti. (**)

Baca Juga

Berita Terbaru