Lima Isu Transportasi Perlu Penanganan Cepat, Termasuk Arus Mudik

BerandaNasionalLima Isu Transportasi Perlu Penanganan Cepat, Termasuk Arus Mudik

JAKARTA – Ada lima isu strategis di sektor perhubungan darat yang perlu penanganan cepat. Yakni persiapan pengendalian transportasi di masa Angkutan Lebaran Tahun 2021. Penanganan angkutan barang Over Dimensi dan Over Load (ODOL) Dan Kelanjutan pembangunan infrastruktur transportasi darat.

Selanjutnya, ada juga peningkatan keamanan dan keselamatan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP). Dan dukungan Long Distance Ferry (LDF) pada Logistik Nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia,berdampak pada sektor transportasi, termasuk sektor perhubungan darat.

Menurutnya, pihaknya perlu meningkatkan penerapan dan optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan layanan di sektor transportasi darat.

Termasuk mendukung penindakan terhadap pelanggaran overloading dengan penurunan sebagian muatan dan untuk pelanggaran overdimensi agar koordinasi dengan kepolisian untuk penindakan tegasnya.

“Mendorong tumbuhnya angkutan perkotaan dengan mekanisme/strategi yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayah sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan,” kata Budi Karya, Kamis (8/4).

Selanjutnya, perlu mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Termasuk melakukan evaluasi terus menerus baik masyarakat dan para petugas sehingga mempunyai etos kerja dan budaya yang kondusif demi terselenggaranya transportasi yang berkeselamatan. (khf/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru

spot_img