News

Daftar Makanan yang Pantang Dimakan Ibu Hamil

fin.co.id - 30/03/2021, 18:00 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Kehamilan adalah salah satu masa terentan Kaum Wanita. Tidak berhati-hati atau ceroboh di masa ini, efeknya pun bisa tidaklah indah. 

Salah satunya adalah konsumsi harian. Meski tubuh membutuhkan asupan makanan, namun bukan berarti semua makanan aman dikonsumsi.

Berikut konsumsi makanan yang pantang dimakan wanita hamil, seperti dilansir Healthline yang patut dicermati: 

Jeroan

Terlalu banyak makan jeroan di masa kehamilan, dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Kadar tembaga yang tinggi pada jeroan meningkatkan risiko cacat lahir.

Kopi dan teh

Berlebihan mengkonsumsi minuman tinggi kafein, juga ditemukan pada minuman berbahan coklat, dan soft drink, kafein dapat menyebabkan bayi lahir dengan bobot di bawah normal.

Konsumsi ikan

Hindari ikan makarel dan tuna. Kedua ini umumnya tinggi akan kandungan merkuri. 

Daging setengah matang

Memakan daging yang dimasaka setengah matang, Meningkatkan risiko terinfeksi bakteri dan infeksi Toxoplasma, E. coli, Listeria dan Salmonella. Hal ini berdampak pada janin yang dikandung.

Kecambah mentah

Seperti lobak, toge, cengkeh, kecambah mentah dapat saja mengandung Salmonella. Konsumsilah dalam keadaan matang.

Susu dan keju mentah 

Pada dua jenis konsumsi ini, sering ditemukan Listeria, Salmonella, E. coli dan Campylobacter. Efeknya serius terhadap kandungan.

Admin
Penulis
-->