Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Dedek Uki: Kaget Saya, Yo Ndak Gini Dong Pakdhe

BerandaEkonomiJokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Dedek Uki: Kaget Saya, Yo Ndak Gini...

JAKARTA – Mantan Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi menanggapi ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggaungkan kebencian terhadap produk luar negeri. Ia tak setuju dengan pernyataan Jokowi tersebut.

“Kaget saya, statement ini datengnya dari pak dhe. Yo ndak gini dong pak,” kata Dedek Uki dalam cuitan di akun Twitter @Uki23, dilihat Jumat (5/3).

Menurutnya, banyak pihak yang sudah mencintai produk dalam negeri tapi tetap memutuskan berbelanja produk asing.

Tren seperti itu, kata dia, menunjukkan perlu adanya peningkatan dari produk lokal agar pihak-pihak tersebut tidak mengalihkan ketertarikannya kepada produk asing.

“Kalau misal seseorang sudah cinta produk sendiri, tapi masih beli produk asing, artinya ada dari produk sendiri yang perlu ditingkatkan,” sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, dengan penduduk sebanyak 270 juta jiwa, seharunya masyarakat Indonesia harus lebih mencintai produk dalam negeri

“Branding harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan produk luar negeri. Karena penduduk Indonesia, penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa. Seharusnya adalah konsumen yang paling loyal untuk produk-produk sendiri,” ujar Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3).

Menurutnya penduduk 270 juta jiwa merupakan sangat besar bagi sebuah negara. Pasar tersebut harus dijaga agar tidak dikuasai oleh produk-produk asing.

Oleh karena itu Jokowi meminta untuk kembali digaungkan cinta produk Indonesia ditambah juga dengan benci produk asing.

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri,” tegas Jokowi. (riz/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru

spot_img