Lagi, Perjalanan Internasional Diperketat 

BerandaCovid-19Lagi, Perjalanan Internasional Diperketat 

JAKARTA – Pemerintah kembali memperketat pengawasan akses perjalanan internasional. Ini dilakuan menyusul temuan dua kasus mutasi virus jenis baru B117-UK di Indonesia pada Senin (1/3) malam.

“Varian B117 ditemukan di Indonesia. Petugas di pintu kedatangan bersama unsur lembaga terkait dan satgas akan melakukan monitoring di lapangan. Intinya harus lebih diperketat lagi,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (2/3).

BACA JUGA: Bio Farma Terima 10 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 dari Sinovac

Dia menyebut pengetatan pengawasan difokuskan di berbagai pintu masuk kedatangan internasional. “Adanya temuan ini ditindaklanjuti melalui penelusuran untuk mencegah penularan. Pengawasan di pintu masuk kedatangan,” imbuhnya.

Kebijakan perjalanan internasional yang dilakukan oleh pemerintah, lanjut Wiku, akan bersifat adaptif dengan situasi yang ada. “Termasuk perubahan kebijakan,” lanjut Wiku.

BACA JUGA: LPDB-KUMKM Gandeng Kejari Pasuruan Agar Penyaluran Dana Bergulir Lebih Aman

Namun dia belum memberikan komentar lebih jauh terkait karakteristik virus yang kali pertama dilaporkan ditemukan di Inggris tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dokter Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pihak Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan terkait informasi seputar B117-UK tersebut. (rh/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru

spot_img