Joystik PS5 Berpotensi Nge-drift Dalam Hitungan Bulan

Beranda Teknologi Joystik PS5 Berpotensi Nge-drift Dalam Hitungan Bulan

JAKARTA – Kontroler gaming yang nge-drift, itu lho yang bikin karakter Anda atau kamera gameplay, bergerak sendiri padahal analog joystik tidak disentuh sama sekali, adalah hal yang menyebalkan terjadi. 

Dan menurut kabar terbarunya, hal ini juga terjadi pada kontroler PS5, yakni Dualsense, yang kaya akan fitur tersebut. 

Menurut iFixit, sebagaimana dilansir TechRadar, adalah penggunaan modul tertentu, sebagaimana juga yang ditemukan pada Nintendo Switch dan Xbox Series X. yang menjadi salah satu penyebabnya,

Ketika drifting terjadi, servis pun akan sulit untuk dieksekusi, terlebih ketika dilakukan tanpa peralatan solder. Itu artinya, tanpa keahlian tertentu, jangan coba-coba untuk membetulkannya sendirian.

Lalu pertanyaanya , seberapa lama potensi driftting terjadi pada kontroler penerus DS4 itu? Dan jawabannya menurut iFixit, adalah sekitar empat hingga tujuh bulan setelah pertama kali digunakan. 

Kendati demikian, tidak ada jaminan apakah Anda akan benar-benar mengalaminya dalam waktu singkat, atau mungkin tidak dalam waktu yang lama (jika Anda beruntung). 

Namun menurut iFixit, Dualsense ternyata dibuat dengan perhitungan yang matang, dalam hal ini untuk menghemat biaya produksi sebisa mungkin. 

Memiliki banderol 1,2 juta rupiah per unitnya, Dualsense sebenarnya sudah lebih mahal dari kontroler PS generasi sebelumnya (700an ribu rupiah). 

Secara logika, jika saja di-built dengan komponen terbaik, harga joystik PS5 itu, mungkin akan jauh lebih membengkak dari yang ada sekarang.

iFixit juga menyebutkan, sensor yang aus, pegas yang usang, debu, hingga kelembapan, juga adalah faktor lain pemicu drifting pada kontroler game.(ruf/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru