Tottenham Vs Chelsea: Mourinho dalam Tekanan

HomeBolaTottenham Vs Chelsea: Mourinho dalam Tekanan

LONDON – Jose Mourinho sedang berada dalam tekanan. Dari sembilan laga Liga Inggris, Tottenham hanya menang dua kali. Pada laga terakhir mereka juga mengalami kekalahan. Spurs takluk 0-1 dari klub peringkat 17, Brighton.

Jumat (5/2) dini hari WIB, Tottenham akan menjamu Chelsea di Stadion Tottenham, London. Menghadapi The Blues tentu bukan hal mudah bagi Tottenham. Belum lagi tim tamu sedang dalam kepercayaan diri tinggi.

Ya, The Blues mulai bangkit bersama manajer baru mereka Thomas Tuchel. Perselisihan antar pemain pun perlahan mulai reda. Luka yang ditinggalkan manajer lama, Frank Lampard, mulai disembuhkan oleh Tuchel.

BACA JUGA: Soal Polemik Pasar Dinar-Dirham, Tengkuzul Sentil BI: Kartu Tol Juga Bukan Alat Tukar Sah, Beri Jalan Keluar

“Kehadiran Tuchel membuat suasana ruang ganti kembali hangat. Saya rasa pertandingan melawan Tottenham kesempatan kami menunjukan penampilan terbaik,” ujar gelandang The Blues, Christian Pulisic dilansir dari situs resmi Chelsea.

Hasilnya pada laga terakhir, Chelsea menang 2-0 saat menjamu Burnley. Sekaligus menjadi kemenangan perdana Tuchel bersama Si Biru. Gaya permainan dari Chelsea pun kini sudah berubah drastis.

Yang menjadi catatan dari kehadiran Tuchel adalah soal penguasaan bola. Dalam dua laga perdananya, Chelsea selalu mencatatkan ball possession lebih dari 70 persen. Kubu lawan tidak diberikan kesempatan untuk lama memegang bola.

BACA JUGA: Berbagi Rambut untuk Pasien Kanker Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia

Mourinho tentu harus waspada. Menghadapi gaya main baru yang ditunjukan Chelsea. Memang berat, statistik pun mencatat Tottenham belum pernah mengalahkan The Blues dalam enam laga terakhir di semua kompetisi.

Absennya Harry Kane dan Sergio Reguilon karena cedera juga menambah pusing Mourinho. Belum lagi penampilan buruk dari Tanguy Ndombele saat melawan Brighton. Praktis hanya Son Heung-Min yang akan menjadi andalan utama dari The Special One.

Sementara itu di kubu Chelsea, semua pemain Tuchel siap untuk tampil. N’Golo Kante pun sudah bisa dimainkan. Namun sepertinya Tuchel enggan melakukan spekulasi di lini tengah. Dirinya kemungkinan besar akan tetap memaikan Jorginho dan Matteo Kovacic.

BACA JUGA: Sekolah Tidak Boleh Wajibkan Siswa Pakai Seragam dengan Atribut Agama

Kumungkinan Tuchel hanya akan mengganti posisi striker utama. Olivier Giroud berpeluang untuk dimainkan mengganti posisi Tammy Abraham. Pengalaman dari Giroud dibutuhkan Tuchel untuk membongar lini belakang Spurs.

Duel Tottenham melawan Chelsea tentu akan menjadi laga yang menarik. Kedua manajer memiliki gaya bermain yang bertolak belakang. Mourinho dikenal dengan sepakbola pragmatis yang mengutamakan hasil akhir. Sementara Tuchel mengedepankan penguasaan bola.

Jadi kemungkinan besar pada laga ini The Blues akan mengurung Tottenham sejak menit pertama. Sebaliknya Spurs akan memilih melakukan serangan balik. Kecepatan dari Son akan menjadi senjata dari Mourinho untuk melakukan counter attack.

Kemenangan dibutuhkan keduanya untuk naik ke zona Liga Champions. Kini kedua tim memiliki poin sama, 33. Tetapi Tottenham masih menyisakan satu laga tunda. Spurs berada di posisi enam dan Chelsea di peringkat ketujuh.

Di atas kertas Chelsea memang lebih diunggulkan. Tapi jam terbang dari Mourinho kerap bisa membuat kejutan. Tuchel harus waspada terutama menghadapi serangan balik yang biasa dimainkan[] oleh Mourinho.

Melawan Tottenham akan jadi laga sulit pertama bagi Tuchel. Pelatih asal Jerman itu akan merasakan kerasnya Premier League. Sementara bagi Mourinho, kemenangan harga mati untuk bisa keluar dari tekanan.

“Kami tidak memulai laga dengan baik meski para pemain sudah berusaha keras. Hasil yang buruk dan kami harus melakukan intropeksi dari kekalahan dari Brighton,” kata Mourinho dikutip dari Sky Sport. (vyt/fin)

Prediksi Susunan Pemain

Tottenham (3-4-3) : Hugi Lloris; Joe Rodon; Eric Dier, Toby Alderweireld; Ben Davies, Harry Winks, Pierre-Emile Hojbjerg, Matt Doherty; Son Heung-Min, Carlos Vinicius, Erik Lamela.

Chelsea (3-4-2-1) : Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Callum Hudson-Odoi, Jorginho, Matteo Kovacic; Mason Mount, Timo Werner; Olivier Giroud.

Baca Juga

Berita Terbaru