Sebut Islam Agama Arogan, Tokoh NU Semprot Permadi Arya

Beranda News Sebut Islam Agama Arogan, Tokoh NU Semprot Permadi Arya

JAKARTA- Tokoh Nahdatul Ulama (NU), Akhmad Sahad ikut mengomentari pernyataan pegiat media sosial, Permadi Arya yang menganggap Islam sebagai agama pendatang dari Arab yang arogan.

“Twit ⁦@ermadiaktivis1⁩ yang bilang Islam sebagi arogan ini ngaco banget,” tulis Akhmad Sahad di akun twitternya, Rabu (27/1).

Sahad menilai apa yang dituduhkan Permadi Arya tidak bisa dibenarkan. Sebab ada juga Islam yang menantang pengharaman terhadap kearifan lokal. Dia berikan contoh Islam yang dianut NU

“Memang ada aliran Islam tertentu yang haramkan tradisi lokal, tapi muslim yang menentang aliran tersebut banyak sekali. Paham keislaman NU justru sangat ramah dengan tradisi lokal. Menyebut Islam argoan itu koplak!” ujar Akhmad Sahad.

Sebelumnya, Permadi Arya mengatakan Islam adalah agama pendatang Indonesia yang arogan Ajaran Islam menghapus budaya asli Nusantara.

“Islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dll,” tulis Permadi Arya di twitternya, dikutip Selasa (26/1).

Permadi Arya menilai, Islam datang dengan arogan dan menghapus tradisi asli Nusantara dengan berbagai aturan. Seperti haramnya pewayangan, haramnya kebaya, hingga kesyirikan terkait sadaqah laut.

“Memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pakai kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalo tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal,” kata Permadi Arya.

Permadi Arya menulis itu sebagai respon terhadap kasus-kasus lama soal warga yang melarang tradisi sedekah laut yang dianggap syirik. Begitu pun narasi yang tersebar soal gerakan kampanye Selasa Kebaya adalah gerakan pemurtadan terselubung. Demikian juga adanya spanduk terkait haramnya wayang kulit. (dal/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru