Kapolri Baru Dilantik Pekan Depan

Beranda Nasional Kapolri Baru Dilantik Pekan Depan

JAKARTA – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipastikan akan dilantik sebagai Kapolri pekan depan. Kepastian itu karena Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengirim surat persetujuannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menegaskan bahwa pihaknya telah menyerahkan surat persetujuan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di kompleks Istana Kepresidenan. Surat tersebut diterima langsung Mensesneg Pratikno.

BACA JUGA: Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ 182 Tabur Bunga di Perairan Kepulauan Seribu

“Surat persetujuan Kapolri kepada Presiden sudah disampaikan melalui Mensegneg,” kata Indra Iskandar di gedung Nusantara III kompleks MPR/DPR, Jumat (22/1).

Dikatakannya, surat tersebut telah diantar ke Istana pada pukul 10.35 WIB.

“Sudah, saya sudah mengantar tadi ke Istana pukul 10.35 (WIB),” ujarnya.

Dijelaskannya, surat dengan nomor PW/00958/DPR/1 tahun 2021 itu telah diterima Menteri Sekretaris negara Pratikno. Surat nantinya akan disampaikan ke Jokowi.

BACA JUGA: Kader Demokrat Santuni Korban Banjir Berkaus Jokowi, Panca66: Tidak Pilah-pilih, Tetap Dibantu

Terkait pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo, Indra mengatakan akan dilakukan sebelum masa jabatan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri berakhir. Pelantikan ditargetkan sebelum 30 Januari 2020.

“Jadi SK dan surat persetujuan sudah disampaikan dan pasti pelantikannya akan dilakukan sebelum tanggal 30 (Januari) sesuai dengan batas pensiun Kapolri,” ucapnya.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti juga mengatakan pelantikan Kapolri baru akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Pasti dalam waktu dekat Listyo akan segera dilantik oleh Presiden sebagai Kapolri,” katanya.

BACA JUGA: Tengku Zul Samakan Perpres soal Ekstrimis dengan Zaman Penjajah Belanda

Namun, untuk tanggal pastinya Poengky tak bisa memperkirakan.

“Ditunggu saja. Pasti dalam waktu dekat. Sabar ya,” katanya.

Sementara Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan pihaknya belum memperoleh informasi dari Istana terkait jadwal pelantikan Kapolri baru.

“Belum ada info (kapan pelantikannya),” katanya.

Meskipun demikian, Polri telah melakukan persiapan internal seperti melepas Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari dan menggelar commander wish Kapolri baru.

BACA JUGA: PLN Pastikan Kelistrikan Kepulauan Talaud, Sangihe dan Sitaro Aman Pasca Gempa 7,1 SR

Namun hingga kini belum jelas apakah commander wish itu digelar secara virtual atau tidak.

Meski demikian dipastikan prosesi resmi hanya akan dilakukan saat serah terima jabatan usai pelantikan.

“Tetap ada proses pergantian Kapolri serah terima jabatan itu ada, tapi semua dilakukan dengan disesuaikan dengan situasi pandemi, seperti itu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Diungkapnnya prosesi serah terima jabatan tetap digelar dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

“Ya seperti biasa, serah terima jabatan terus penyerahan, itu tradisi saja di internal. Seperti itu saja serah terima jabatan antara Kapolri lama dengan Kapolri yang baru itu ada prosesi itu. Tapi sekarang karena masanya pandemi, semua dilakukan dengan mentaati protokol COVID-19,” katanya.(gw/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru