Kandidat Kabareskrim Gantikan Listyo Sigit

Beranda Nasional Kandidat Kabareskrim Gantikan Listyo Sigit

JAKARTA – Posisi Kepala badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri bakal kosong pekan depan. Jabatan ini akan dilepas Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah disetujui menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit akan resmi menjadi Kapolri pekan depan, setelah dilantik Presiden Joko Widodo. Lantas siapa calon pengisi posisi Kabareskrim yang ditinggalkannya?

BACA JUGA: Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ 182 Tabur Bunga di Perairan Kepulauan Seribu

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan penggantian jabatan Kabareskrim akan segera diproses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Proses tersebut akan dilakukan usai Komjen Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri.

Meski Komjen Listyo telah menjadi Kapolri, penegakan hukum di Bareskrim tak akan terganggu.

“Wanjakti nanti akan ada prosesnya. (Penegakan hukum) enggak terganggu, kan ada wakilnya, segala macam bisa. Berjalanlah ini,” ujarnya, Jumat (22/1).

BACA JUGA: Bicara Baik-baik Masalah Warisan dengan Teddy, Rizky Febian: Yang Penting Mama Tenang

Dikatakannya, pekerjaan sehari-hari yang diemban Kabareskrim akan dikerjakan oleh Wakil Kabareskrim selama jabatan itu kosong. Seperti yang terjadi saat Idham Azis ditunjuk sebagai Kapolri pada 2019. Kala itu, Idham seperti Listyo yang naik bintang empat dari jabatan sebelumnya Kabareskrim.

“Polri bekerja karena berdasarkan sistem yang sudah ada, bukan karena orang per orang,” ucapnya.

Terkait kandidat pengganti Listyo Sigit, Rusdi mengatakan akan digodok oleh Wanjakti Polri. Nantinya, forum tersebut akan mendiskusikan secara matang mengenai sosok perwira Polri yang dianggap mampu mengemban tugas di jabatan tersebut.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Bakal Blokir Data Kependudukan Pelanggar Prokes Covid-19

“Tentunya nanti dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri,” ujarnya.

Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, jabatan Kabareskrim dan Sestama Lemhannas yang dijabat Komjen Didid Widjanardi, yang kini masuk masa pensiun harus segera diisi setelah Listyo Sigit dilantik sebagai Kapolri.

“Tugas pertama Listyo Sigit setelah dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri adalah langsung menggerakkan gerbong mutasi besar di tubuh kepolisian. Termasuk memutasi beberapa kapolda dan menaikkan wakapolda menjadi kapolda,” ujarnya.

Terkait jabatan Kabareskrim, Neta menyebut ada empat nama yang disebut bakal mengisi posisi Kabareskrim.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 7,1 di Kepulauan Talaud Disebabkan Aktivitas Subduksi Lempeng Filipina

“Untuk posisi Kabareskrim beredar kabar, sedikitnya ada empat calon, yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim),” sebutnya.

Dari empat nama ini, Wahyu Widada dan Dofiri merupakan jenderal adhi makayasa atau lulusan terbaik. Dofiri merupakan lulusan terbaik Akpol 1989, sedangkan Widada merupakan lulusan terbaik Akpol 1991.

Selain empat nama ini, di internal kepolisian beredar pula nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Sebagaimana Widada, Fadil juga lulusan 91 atau rekan satu angkatan Sigit.

Sedangkan untuk posisi Sestama Lemhannas, Neta menyebut nama Wakalemdikpol Irjen Luki Hermawan. Dikatakannya kiprah Irjen Luki cukup mentereng ketika menjabat Kapolda Jatim.

“Selain itu, Irjen Luki juga disebut-sebut akan bergeser ke Sestama Lemhannas atau ke posisi lain. Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode,” tuturnya.(gw/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru