Musim Hujan, Ini Doa Agar Terhindar dari Sambaran Petir dan Geledek

Beranda Hikmah Musim Hujan, Ini Doa Agar Terhindar dari Sambaran Petir dan Geledek

JAKARTA- Saat ini Indonesia tengah dilandai musim hujan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai musibah banjir dan longsor akibat curah hujan yang tinggi di awal 2021 ini. Jika terjadi hujan, sudah pastinya ada kilatan petir dan geledek.

Dalam Islam, fenomena kilat dan geledek biasa disebut dengan ar ro’du, ash showa’iq dan al barq.

Ar ro’du adalah istilah untuk suara petir atau geledek. Sedangkan ash showa’iq dan al barq adalah istilah untuk kilatan petir, yaitu cahaya yang muncul beberapa saat sebelum adanya suara petir.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan, ”Dalam hadits marfu’ (sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pen) pada riwayat At Tirmidzi dan selainnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang ar ro’du, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

مَلَكٌ مِنْ الْمَلَائِكَةِ مُوَكَّلٌ بِالسَّحَابِ مَعَهُ مخاريق مِنْ نَارٍ يَسُوقُ بِهَا السَّحَابَ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ

”Ar ro’du adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah.”

Petir dan geledek bisa menyambar apa saja, pohon batu, hewan bahkan manusia. Banyak kasus manusia tewas ketika tersambar petir.

Untuk itu, ummat Islam disunnahkan membaca doa dan berzikir ketika melihat petir dan geledek agar terhindar dari sambaran petir.

Diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW saat mendengar suara guntur dan petir berdoa dengan doa berikut: ” أللهم لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك ” (Allahumma la taqtulna bighadabika wala tuhlikuna bi’adzabika wa’afina qobla dzalika)

Artinya: “Ya Allah, janganlah binasakan kami dengan murka-Mu, jangan hancurkan kami dengan siksa-Mu. Selamatkan dan ampunilah kami sebelum itu semua.”

Selain doa tersebut di atas, saat mendengar petir bisa juga membaca doa yang diriwayatkan HR.Thabrani sebagai berikut:
سبحان الذي يسبح الرعد بحمده والملائكة من خيفته ” (Subhanalladzi yusabbihurro’du bihamdihi walmalaikatu min khifatihi)

Artinya: “Maha Suci Allah, petir dan malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena tunduk pada-Nya. (dal/fin)

 

Baca Juga

Berita Terbaru