Tangan Dokter Gemetar Saat Vaksin, Rocky Gerung: Dia Khawatir jika Jokowi Kena Alergi

Beranda Nasional Tangan Dokter Gemetar Saat Vaksin, Rocky Gerung: Dia Khawatir jika Jokowi Kena...

JAKARTA– Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof. Abdul Muthalib merupakan sosok dokter yang menyuntik vaksin Covid-19 Sinovac ke lengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, pada Rabu (13/1).

Sang dokter jadi sorotan sebab tangannya gemetar saat melakukan suntikan vaksin ke Jokowi.

Pengamat politik, Rocky Gerung menilai, ada ketidak percayaan dalam diri dokter sehingga tangannya gemetar saat melakukan suntik vaksin.

“Jadi ada ketidakpercayaan diri pada si profesor tim kedokteran presiden. Yang seharusnya dia anggap biasa. Tapi kenapa dia mesti gemetar. Padahal itu puluhan tahun yang dia lakukan menyuntik pasien,” ujat Rocky Gerung dikutip chanel Youtubenya, Kamis (14/1).

Ricky menduga, dokter tidak yakini dengan efikasi vaksin sinovac tersebut. Kata Rocky, bisa jadi dokter telah membaca banyak informasi terkait vaksin tersebut. Sehingga ada kekhawatiran dalam diri dokter terhadap kesehatan Jokowi setelah divaksin.

“Jadi bisa jadi dokter kepresidenan habis membaca riset dari Brazil yang menanggap bahwa efikasi dari sinovac itu dari 78 persen turun ke 50 persen,” ucap Rocky Gerung.

“Maka dia khawatir karena nanti orang salahin dia tuh karena misalnya Presiden dalam seminggu ini kena alergi atau tiba-tiba presiden positif covid. Si dokter itu akan merasa bersalah,” kata Rocky Gerung.

Rocky merasa lucu ketika dokter yang bertahun-tahun mengawal presiden namun, gemetar saat penyuntikan vaksin.

“Kita lihat sebagai kelucuan, dokter kok gemetar gitu, tapi secata psikologis bisa dibayangkan bahwa dokter itu membaca banyak informasi dan tahu bahwa ada yang belum selesai dengan efikasi vaksin,” pungkas Rocky.

Sebelumnya dokter Abdul Muthalib mengaku gemetar saat akan menyodorkan jarum suntik ke lengan Jokowi.

Dia bercerita sejumlah prosedur yang dilakukan sebelum menyuntik Jokowi. Setelah mengangkat lengan baju Presiden, Abdul Muthalib mengoleskan alkohol ke titik yang akan disuntik.

“Saya gosok alkohol seperti biasa, dan saya suntikan. Setelah saya suntikan, bapak tidak merasa sakit sedikitpun,” kata Muthalib seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut, Abdul Muthalib juga bertanya kembali pada Jokowi saat di dalam ruangan. Jawaban Presiden tetap sama yaitu tanpa rasa sakit. Pun begitu, dia mengaku gugup saat pertama kali menyuntik Presiden. (dal/fin). 

Baca Juga

Berita Terbaru