Sosialisasi Vaksinasi Dilakukan Masif

Beranda Covid-19 Sosialisasi Vaksinasi Dilakukan Masif

JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan sosialisasi terkait program vaksinasi Covid-19 sudah disampaikan secara luas. Di antaranya melalui saluran informasi resmi milik pemerintah, serta dibantu penyebarannya oleh media massa.

“Kami memahami, ada beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti. Maka dari itu, perihal vaksinasi akan terus disosialisasikan secara masif dan terus menerus. Tujuannya untuk menjawab pertanyaan seputar vaksin yang ada di masyarakat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito  di Jakarta, Rabu (13/1).

BACA JUGA: Presiden Korsel Sampaikan Duka Cita atas Insiden Sriwijaya Air SJ 182

Satgas berharap media massa dapat membantu pemerintah. Yakni menyampaikan informasi resmi dan benar tentang vaksinasi Covid-19. “Tolong sampaikan informasi yang mudah dimengerti dan dapat dipastikan kebenarannya,” imbuhnya.

Menurutnya, prioritas penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada orang yang belum pernah terpapar. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity. Kekebalan kelompok tersebut didapat melalui individu-individu yang mendapat vaksinasi.

BACA JUGA: Soal Polemik Raffi Ahmad Divaksin, Tsamara: Rakyat Butuh Role Model, Itu Langkah Penting

“Dalam masa pandemi untuk membentuk kekebalan kelompok tidak harus memvaksinasi seluruh individu. Karena tidak semua individu bisa divaksinasi. Seperti mereka yang memiliki masalah kesehatan,” lanjutnya.

Dikatakan, Herd immunity akan tercapai apabila penularannya terus menurun. Atau sampai tidak ada sama sekali. Meski begitu, protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) harus terus dilakukan.

“Kuncinya adalah disiplin 3M. Semua pihak harus patuh dan melaksanakannya secara konsisten. Protokol kesehatan ini wajib dan tidak bisa ditawar,” pungkasnya. (rh/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Minggu, 24 Januari 2021

JAKARTA - Update Infografis percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia per tanggal 24 Januari 2021 Pukul 12.00 WIB.

Keluarga Korban Sriwijaya Air Perlu Pendampingan Hukum Soal Kompensasi dari Boeing

JAKARTA - Guru Besar Hukum Universitas Tarumanegara Ahmad Sudiro mengatakan keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 perlu pendampingan pengacara yang berpengalaman dalam...

Kasus Covid-19 Nasional Masih Meningkat, Epidemiolog Minta Pemerintah Evaluasi PPKM

JAKARTA - Epidemiolog dari Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri mengatakan pemerintah harus mengevaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan.Sebab, selama sepekan belaku...

PT KAI Bakal Gunakan GeNose C19 untuk Screening Penumpang

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung penggunaan alat Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan KAI untuk screening virus corona...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News