Latih Diri Bermasker saat Tidur

Beranda Covid-19 Latih Diri Bermasker saat Tidur

JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo menegaskan semua pihak agar tidak menjadikan protokol kesehatan (prokes) sebagai mainan. Masih banyak masyarakat yang tidak benar menerapkan prokes. Misalnya masker yang seharusnya menutupi bagian mulut dan hidung, malah diturunkan ke bawah.

“Masalah protokol kesehatan jangan dibuat bercanda. Jangan dianggap mainan. Prokes harus dilakukan secara benar,” tegas Doni dalam diskusi online di Jakarta, Rabu (13/1).

Apalagi, perbuatan tidak tepat itu ditayangkan di televisi. Sehingga dilihat atau disaksikan masyarakat Indonesia.  Ia menyayangkan perbuatan yang tidak tepat tersebut bisa saja menjadi contoh masyarakat luas. Apalagi, saat ini kondisi pandemi terus meningkat ditambah lagi kasus baru per 13 Januari 2021 menyentuh 11.278.

Jenderal TNI bintang tiga itu mengajak masyarakat untuk terus melatih dan membiasakan diri menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, masyarakat juga diajak agar mulai melatih diri menggunakan masker saat tidur. Secara pribadi, Doni mengaku telah menerapkan hal tersebut. “Selama saya terapkan tidak ada gangguan kesehatan. Saya sudah berlatih memakai masker saat tidur tanpa dilepas dan bisa,” papar mantan Danjen Kopassus ini.

Ia menyakini jika masyarakat mau dan bersungguh-sungguh, maka penerapan prokes 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) yang benar dan berkelanjutan bisa dilakukan. Termasuk saat tidur.

“Kunci dari pencegahan penularan Covid-19 adalah disiplin 3M secara ketat. Tidak bisa asal-asalan. Semua harus dilakukan secara benar dan konsisten. Terlebih jika diterapkan secara kolektif. Hasilnya tentu jauh lebih baik,” tandasnya. (rh/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Minggu, 24 Januari 2021

JAKARTA - Update Infografis percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia per tanggal 24 Januari 2021 Pukul 12.00 WIB.

Keluarga Korban Sriwijaya Air Perlu Pendampingan Hukum Soal Kompensasi dari Boeing

JAKARTA - Guru Besar Hukum Universitas Tarumanegara Ahmad Sudiro mengatakan keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 perlu pendampingan pengacara yang berpengalaman dalam...

Kasus Covid-19 Nasional Masih Meningkat, Epidemiolog Minta Pemerintah Evaluasi PPKM

JAKARTA - Epidemiolog dari Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri mengatakan pemerintah harus mengevaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan.Sebab, selama sepekan belaku...

PT KAI Bakal Gunakan GeNose C19 untuk Screening Penumpang

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung penggunaan alat Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan KAI untuk screening virus corona...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News